cara menyimpan buah agar terjaga kesegarannya

cara menyimpan buah agar terjaga kesegarannya

Idealnya ketika buah selesai dikupas dan dipotong, tidak didiamkan dalam waktu lama dan menunda mengonsumsinya. Namun, faktanya kadang-kadang kita seringkali menunda/lupa untuk segera mengonsumsi buah yang telah dikupas dan dipotong. Dalam kasus ini ada trik menyimpan buah-buahan dengan cara yang sehat sehingga buah tidak menjadi hilang kandungan airnya/ kering atau bahkan berubah warna menjadi coklat. Berikut Sharing di Sini Beberapa Cara menjaga kesegaran buah setelah dikupas agar tahan dalam waktu yang relatif lama.

Apel

Jika Anda mengupas dan atau memotong apel, lalu ingin menyimpan potongan-potongan buah segar ini untuk waktu yang relatif lama maka Anda harus melakukan beberapa hal sederhana. Taruh semua potongan apel di sebuah wadah foodgrade lalu beri sedikit cuka sari apel, kemudian tutup dengan rapat wadah dan simpan di kulkas. Anda dapat menggunakan cuka biasa, namun sebaiknya yang alami, bukan cuka buatan. Dengan penambahan cuka akan menjaga kesegaran apel selama berjam-jam. Anda juga dapat menggunakan beberapa tetes sari lemon untuk menjaga ksegaran apel.

Alpukat

Sangat mudah untuk menyimpan alpukat setelah dipotong dan dikerok, agar tetap segar. Saranya, segera setelah Anda memotong alpukat dan tidak ingin langsung makan seluruhnya, taburi dengan beberapa tetes sari lemon. Lalu simpan alpukat di kulkas dalam wadah kedap udara.

Jambu biji

Saat jambu biji sudah dibelah, sangat mudah berubah warna menjadi coklat karena kandungan zat besi yang tinggi. Untuk menjaga kesegaran buah ini, dengan mengoleskan air jeruk nipis pada potongan jambu yang akan tetap segar.

Pepaya

Untuk menjaga kesegaran uah pepaya yang sudah dibagi dua, caranya adalah dengan membungkus/menutup permukaan yang sudah terbelah dengan selembar kertas yang masih baru/bersih. Anda dapat menyimpannya di luar kulkas. Hal ini dapat menjaga kesegaran pepaya dalam waktu yang lebih lama.

Lemon

Setelah memotong/membelah  lemon menjadi 2 bagian atau lebih, segera menyimpannya dalam kantong polythene dan mengikat simpulnya (plastik berperekat). Hal ini akan membuat lemon segar dan tidak mengering (tetap mengandung air/sari lemon) selama beberapa hari ke depan.

Semangka

Cara termudah untuk menjaga kesegaran buah semangka adalah dengan menyimpan potongan semangka dalam wadah plastik kedap udara. Anda juga dapat menyimpan separuh sisa potongan semangka yang sudah dibelah menjadi 2, tutuplah permukaan atas dengan selembar plastik bening yang masih bersih/baru. Hal ini juga akan menjaga kesegaran buah semangka, agar kandungan airnya teteap terjaga..

Nanas

nanas dapat tetap segar dan tidak lau selama beberapa hari jika Anda menyimpannya dalam wadah plastik kedap udara. Cara ini akan membantu buah nanas tetap terjaga kelembabannya. Dengan demikian mereka tetap segar untuk waktu yang lama.

 

Nah, selamat mencoba ya…

Jangan lupa, Sharing di Sini cara Anda dalam menyiasati kesegaran buah-buah atau sayuran yang lainnya.[e_SdS]

Keywords:

  • cara menyimpan sirsak yang sudah dikupas
  • agar pepaya tetap awet setelah dikupas
  • buah segar yg tidak gampang basi
  • tips menyimpan sirsak
  • alpukat yg uda di potong gak cpt hitam
  • agar pisang tidak hitam setelah dikupas
  • berapa hari kelapa batok bertahan busuk
  • berapa lama buah diluar kulkas
  • Berapa lama ketahanan durian masak yg sudah di kupas
  • buah apel terbelah