hal yang harus dipersiapkan untuk persalinan caesar

hal yang harus dipersiapkan untuk persalinan caesar

Ketika seorang wanita hamil, apa kekhawatiran di dalam benak nya saat mendekati hari persalinan. Sanggupkah melahirkan secara normal? Tentu semua menginginkan dapat melahirkan dengan mudah, lancar dan melalui proses normal. Namun ada beberapa wanita yang mengaku lebih memilih melahirkan secara cectio (cesar) yang direncanakan sejak hamil, meskipun resiko persalinan cesar memakan waktu lebih lama untuk penyembuhan luka bedah. Alasannya pun beragam. Ada yang menilai dari segi kepraktisan, tanpa perjuangan melelahkan menunggu bukaan jalan lahir, tidak ingin mengalami rasa sakit saat mengejan, sampai karena faktor resiko kesehatan/keselamatan ibu/janin jika melahirkan secara normal. Nah, berikut Sharing di Sini Tips untuk Persiapan Persalinan Cesar.

Baca panduan dan persiapan psikis Ibu: Baca panduan yang berisi penjelasan bagaimana prosedur proses cesar. Hal ini biasanya membuat Anda dan suami menyadari semua kemungkinan berhubungan dengan pengiriman operasi cesar. Hal ini juga membantu untuk mempersiapkan pikiran dan psikis Anda saat akan menjalani operasi cesar. Anda tidak perlu berfikir sampai lebih rinci/detil resiko yang akan terjadi dalam cesar di dalam panduan. Sebaiknya Anda (ibu hamil) harus membaca hanya hal-hal positif dan berpikir hal yang sama untuk bayi yang sedang tumbuh dalam rahim.

Menjaga komunikasi dengan Dokter: Jika Anda dan dokter sudah ada persetujuan untuk persalinan secara cesar, jagalah komunikasi dan selalu berkonsultasi dengan dokter Anda dan jangan ragu untuk mendiskusikan isu-isu dan pertanyaan/keluahan yang Anda alami secara terbuka. Ingat, dokter Anda adalah panduan terbaik untuk Anda. Untuk mempersiapkan persalinan cesar, selalu berhubungan dengan dokter Anda untuk tetap update dengan kondisi Anda, waktu terbaik yang Anda inginkan dan jadwal dokter.

Perlengkapan yang akan dibawa ke rumah sakit: Tanggal persalinan baisanya sudah direncakan, jika Anda melahirkan secara cesar yang disengaja. Oleh karena itu, persiapkan terlebih dahulu barang-barang kebutuhan ibu dan bayi yang akan dibawa ke rumah sakit. Mengepak tas yang berisi beberapa pakaian baju dalam, berkancing depan, pembalut wanita, gurita ibu, kain/jarik, selimut, serta perlengkapan baju bayi, dll. Ibu yang melahirkan secara cesar biasanya akan tinggal di rumah sakit lebih lama dibandingkan dengan persalinan normal. Jadi, bawalah beberapa pakaian ekstra.

Biaya Rumah Sakit: Jika sudah merencanakan persalinan cesar, tentu Anda dan pasangan sudah harus mempersiapkan biaya ekstra yang lebih besar nominalnya dari persalinan normal. Biaya persalinan cesar besarnya relatif, tergantung rumah sakit dan paket kamar rawat inap yang diambil oleh pasien.

Diskusikan tentang rasa sakit: Anda tahu bahwa rasa sakit akan sangat terasa pada beberapa hari pertama atau seminggu setelah melahirkan caesar. Jahitan bekas bedah cesar membutuhkan waktu untuk penyembuhan. Sehingga, persiapkan diri (mental, psikis dan jaga kondisi tubuh agar selalu fit) dan bahas tentang rasa sakit setelah operasi dengan dokter, suami dan dukungan dari keluarga/orang di sekitar. Hal ini membantu meringankan beban psikis ibu yang melahirkan cesar.

Buatlah nyaman rumah Anda: Untuk menyambut bayi yang baru lahir, Anda perlu mengatur dan memebrsihkan rumah Anda sebelum kelahiran bayi. Karena, jika setelah persalinan cesar, biasanya ibu akan sangat terbatas untuk bergerak leluasa. Karena persalinan cesar memang membutuhkan waktu lebih lama penyembuhannya dari persalinan normal.

 

Nah, selamat menunggu hari kelahiran bayi Anda. Semoga lancar, sehat ibu dan bayinya.

[e_SdS]

Keywords:

  • persiapan melahirkan caesar
  • persiapan operasi caesar
  • persiapan persalinan caesar
  • perlengkapan melahirkan caesar
  • persiapan sebelum operasi caesar
  • persiapan melahirkan secara caesar
  • perlengkapan yang harus dibawa saat persalinan caesar
  • persiapan sc
  • persiapan caesar
  • prosedur operasi caesar