bagaimana cara melatih agar anak-anak suka mengonsumsi makanan sehat buah dan sayur

bagaimana cara melatih agar anak-anak suka mengonsumsi makanan sehat buah dan sayur

Masalah panjang yang dialami kebanyakan orangtua adalah anak-anaknya yang susah sekali makan sayur atau buah. Ketika mereka masih bayi, sayuran mungkin tidak tampak karena diolah sedemikian rupa, sehingga anak-anak tidak bawel. Namun, ketika mereka sudah tumbuh semakin besar, makin pintar dan ceriwis, terkadang anak-anak menjadi selektif dan mau makan apa yang hanya ia sukai saja, biasanya anak-anak akan cerewet enggan makan sayur atau buah. Belum lagi orang tua masa kini harus bersaing dengan junk food, makanan ringan di toko/supermarket (snack kemasan), minuman bersoda dan pilihan lain seperi makanan instan/cepat saji yang umumnya jauh dari sehat. Tapi, sebenarnya Anda bisa mengajarkan anak-anak untuk mengembangkan kebiasaan makan yang lebih baik. Bagaimana caranya? berikut Sharing di Sini Cara Membiasakan Anak-anak Mengonsumsi Makanan Sehat.

Pasti Anda akan terkejut ketika mengetahui bahwa anak-anak memilih makanan bergizi saat diberi pilihan yang tidak seperti biasanya. Mengajak turut berbelanja di supermarket adalah titik awal yang baik. Namun, arahkan pada lokasi yang berisi makanan sehat, seperti buah dan sayur, misalnya. Hindari pada rak bagian makanan instan/snack yang nutrisinya kurang baik. “Melibatkan anak dalam berbelanja adalah salah satu cara mengajarkan untuk memilih produk dan bahan-bahan makanan yang sehat,” kata Kristen Bardon, ahli gizi klinis di Departemen Gizi Klinis di MD Anderson Cancer Center di University of Texas. “Hal ini juga membantu mereka belajar bagaimana untuk menyiapkan makanan yang sehat beserta manfaat kesehatannya untuk tubuh.”

trik mengajarkan dan mengenalkan makanan sehat kepada anak-anak

trik mengajarkan dan mengenalkan makanan sehat kepada anak-anak

Saat sebelum bernagkat ke supermarket, buat daftar/list belanjaan, jika anak-anak sudah dapat mengeja/menulis, libatkan mereka dalam membuat daftarnya. Tulis berbagai buah atau sayuran dan makanan sehat yang akan anda beli.  Dengan cara itu Anda dapat berbicara dengan mereka tentang pilihan sehat sebelum mencapai toko. Setelah di toko, Bardon menyarankan bermain dengan anak-anak dengan cara berburu makanan sehat. Ajukan pertanyaan kepada anak dengan menyebut ciri-cirinya, seperti warna, bentuk, rasa. Misal, “yuk sekarang kita cari buah jeruk. warnanya apa ya?” Ini akan membuat mereka lebih terarik belanja dan melihat melampaui lorong junk food. Mendorong mereka untuk melihat langsung beraneka buah dan sayuran juga akan membuat mereka belajar mengenal lebih dalam sayuran dan ingin mencoba memakannya. Serta tidak lupa jelaskan manfaat masing-masing buah/sayur yang ia lihat. Selain itu, ajarkan padanya bagaimana memilih aneka buah san sayuran yang baik, sambil berhitung jumlah buah yang akan dibeli, dll. Kemas acara belanja sehat ini menjadi semenarik mungkin, sehingga anak-anak ingin terus mengulang lagi momen berbelanja aneka buah/sayur bersama Anda di lain waktu.

mengajarkan sejak usia dini pilihan makanan sehat dan bergizi

mengajarkan sejak usia dini pilihan makanan sehat dan bergizi

Cara lain yang baik untuk memperkenalkan anak-anak untuk memilih makanan yang tepat dan gaya hidup sehat adalah selalu menyediakan di rumah makanan sehat. Olah berbagai makanan sehat seperti buah, sayur dengan sekreatif mungkin. Misal, dibuat kue, jus, aneka kue, pie, puding, smoothie for kids, salad for kids. Tak masalah jika akan menambahkan sedikit gula untuk anak-anak. Yang terpenting adalah mereka sudah belajar mengonsumsi dan membiasakan makan buah dan sayur.

melibatkan anak-anak dalam menyiapkan aneka masakan sehat

melibatkan anak-anak dalam menyiapkan aneka masakan sehat

Libatkan anak-anak ketika anda mengolah berbagai masakan sehat di rumah, agar mereka tertarik untuk melihat, membantu dan mencicipinya. Minimalkan jajanan instan, junk food, snack kemasan. “Sangat penting bagi anak-anak untuk makan sehat sejak usia dini,” kata Bardon. “Diet sehat dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan ketika mereka sudah tumbuh besar dan tua, seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.” Hal ini juga penting bahwa anak-anak, yang sedang dalam masa pertumbuhan, mengonsumsi makanan yang mengandung buah-buahan, sayuran dan  makanan sehat lainnya.[e_SdS]

Keywords:

  • cara anak agar suka sayur