manfaat ambil nafas dalam-dalam

manfaat ambil nafas dalam-dalam

Sepanjang hari kita disibukkan dengan rutinitas dan gaya hidup yang rawan stres, sehingga jarang mendapatkan waktu untuk berpikir tentang kebutuhan diri kita sendiri. Pada malam hari,  tubuh kita sudah lelah sehingga yang dibutuhkan adalah santai, rileks dan dapat tidur dengan perasaan damai tanpa beban. Kita perlu melindungi kesehatan kita dari bahaya stres, depresi, tekanan darah dan penyakit jantung. Dengan rutinitas yang sibuk, kita sebenarnya dapat melakukan teknik latihan pernapasan untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan yang sehat dan bekerja. Bernapas dengan teknik ambil nafas dalam-dalam adalah salah satu teknik yoga yang paling santai dan menyegarkan.

Metode untuk berlatih pernapasan dalam juga sederhana. Yang Anda butuhkan adalah duduk dalam posisi santai dan kemudian napas dalam seolah-olah bermeditasi. Latihan pernapasan dalam menawarkan berbagai manfaat kesehatan.Yaitu menenangkan & menyegarkan pikiran Anda, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda aktif sepanjang hari. Berikut Sharing di Sini Manfaat Kesehatan Bernapas Panjang (Ambil Nafas panjang/tarik nafas dalam-dalam)

Detoks tubuh

detox tubuh

detox tubuh

Bernapas dalam-dalam berfungsi sebagai detoks alami. Dengan teknik ambil napas dalam-dalam, lalu mengeluarkan dengan perlahan dan rilex, akan mengeluarkan racun dan membantu menyingkirkan radikal bebas dari dalam tubuh. Menurut peneliti, lebih dari 80 persen racun keluar karena melakukan teknik pernapasan dalam.

Anti penuaan dini

anti penuaan dini

anti penuaan dini

Bernapas dalam-dalam tidak hanya baik untuk kesehatan Anda, tetapi juga untuk kulit. Teknik pernapasan dalam akan menghapus garis-garis halus yang terbentuk di wajah sehingga membuat tampak awet muda.

Meredakan stres

 

anti stres

anti stres

Teknik ambil nafas dalam-dalam, mempunyai manfaat yang paling populer yakni mengurangi stres dan depresi. Walaupun sepele, stres dan depresi (penyakit psikis) dapat menjadi salah satu penyebab utama sakit fisik.

Manajemen emosi (mengendalikan amarah)

manajemen kemarahan

manajemen kemarahan


 

Apakah Anda mudah emosi atau marah? Nah, lakukan teknik bernapas dalam (ambil napas dalam-dalam/menarik napas panjang). Teknik tersebut akan membantu mengontrol amarah / mengamuk Anda. Latihan ini membantu Anda mendapatkan kesabaran dan pengendalian diri.

Menyehatkan sistem pencernaan

menyehatkan pencernaan

menyehatkan pencernaan

Jika Anda menderita gangguan pencernaan dan sakit perut, cobalah bernapas dalam-dalam. Latihan ini merupakan obat alami untuk masalah perut termasuk pencernaan.

Meredakan sakit punggung

meredakan nyeri punggang

meredakan nyeri punggang

Sebagian besar dari kita tidak duduk dengan posisi tubuh yang tepat. Hal ini menyebabkan sakit punggung. Untuk mengatasinya, cobalah latihan teknik  pernapasan dalam.

Memperbaiki postur tubuh (tulang belakang)

memeperbaiki postur tubuh

memeperbaiki postur tubuh

Melakukan beberapa set latihan pernapasan dalam yang tepat, dapat membantu memperbaiki postur tubuh menjadi benar. Namun, Anda harus melakukan dengan posisi yang benar, duduk bersila, rileks, posisi meditasi, lalu lakukan teknik bernapas dalam. Jika Melakukan latihan ini dengan postur tubuh yang salah tidak akan memberikan hasil yang baik.

Membantu mengontrol tekanan darah

menormalkan tekanan darah

menormalkan tekanan darah

Jika Anda menderita tekanan darah tinggi dan agar denyut nadi Anda normal kembali, cobalah latihan ini. Bernapas panjang telah terbukti bermanfaat untuk mengendalikan menormalkan tekanan darah.

Menyehatkan jantung

jantung sehat

jantung sehat

Ketika Anda menghirup napas dalam-dalam dan menghembuskan secara rileks dan perlahan, Anda akan mengambil banyak oksigen dan membuang karbon dioksida. Oksigen yang Anda hirup akan meningkatkan sirkulasi darah di paru-paru dan jantung sehingga meningkatkan fungsi mereka.

Memacu stamina

boost energi

boost energi

Jika Anda merasa lesu, lakukan latihan pernapasan teratur. Anda akan merasa santai dan kembali energik.

 

Bagaimana, Anda siap menerapkan? YUk, dimulai. Semoga bermanfaat ya..

[e_SdS]

Keywords:

  • olah nafas
  • olah pernafasan
  • olah nafas yang benar
  • olah pernafasan untuk kesehatan
  • olah napas
  • manfaat olah nafas
  • manfaat olah pernafasan
  • cara teknik pernapasan agar rileks
  • olah per
  • Manfaat pernapasan bagi kesehatan