cara menghilangkan noda permen karet dari pakaian

cara menghilangkan noda permen karet dari pakaian

Anda pernah tidak sengaja menduduki permen karet yang dibuang orang dengan sembarangan? Tentu sangat menjijikkan dan membuat hati kesal. Apalagi, noda permen akret sangat sulit dihilangkan dari kain pakaian Anda. Apalagi  jika itu sudah mulai kering dan lengket. Menggunakan bahan kimia yang keras mungkin membantu, namun dapat merusak serat baju. Nah, berikut Sharing di Sini  Cara Mudah Menghilangkan Noda Permen Karet Yang Menempel pada Pakaian Anda.

Dibekukan: Pembekuan adalah cara sederhana dan mudah untuk menghilangkan permen karet dari pakaian Anda. Taruh pakaian dalam freezer sampai permen karet mengeras. Kemudian, keluarkan dan kikis perlahan dengan pisau atau bahkan dengan kuku Anda. Permen karet akan lebih rapuh untuk dihilangkan dari kain. Anda juga dapat menggunakan es batu dan gosokkan pada bagian permen karet yang menempel bandel pada kain.

Cuka hangat: Oleskan cuka yang sudah dihangatkan pada area kain yang tertempel permen karet dan sekitarnya. Cuka akan membantu mengangkat permen karet yang lengket pada serat kain. Sehingga akan menjadi lunak, dan mudah untuk dihilangkan. Setelah noda terangkat sempurna, cuci kain seperti biasa menggunakan detergen dan bilas .

Nail polish remover (Cairan Peluntur kutek/cat kuku): Aplikasikan sejumlah nail polish remover (peluntur cat kuku) di atas permen karet yang menempel di kain, lalu biarkan meresap selama beberapa menit. Agar lebih mudah terangkat, lakukan scrub pada permukaan permen karet yang menempel pada kain, anda juga dapat melakukannya dengan alat bantu penggaris, sendok, atau sikat.

Disetrika: Jika kain aman untuk disetrika, Anda dapat mencoba menyetrika kain terutama pada bagian yang tertempel permen karet. Tempatkan/lapisi  selembar kertas atau kardus tipis di atas permukaan permen karet yang menempel, lalu aplikasikan setrika yang sudah panas pada bagian permen karet yang sudah tertutup kertas. Panas akan melelehkan permen karet dan akan menempel pindah pada kertas. Ulangi prosedur ini dengan lembar kertas yang baru sampai hasilnya, seluruh permen karet terangkat bersih dari serat kain.

Merendam dalam air panas: Rendamlah pakaian yang terkena noda permen karet ke dalam air yang sangat panas. Sementara terendam, kikislah permen karet dengan sikat atau pisau. Lakukan sampai permen karet ditarik keluar. Ingatlah saat mengikis lakukan hanya dengan satu arah, agar serat kain tidak rusak / bradhul.

Alkohol: Menggosokkan alkohol pada noda permen karet yang menempel pada pakaian merupakan metode yang efektif. Caranya, rendam spons dalam alkohol dan gosokkan pada noda permen karet. Tunggu sampai beberapa menit agar terserap dan kemudian hilangkan permen karet dengan pisau. Setelah noda terangkat, cuci seperti biasa dan keringkan.

Hair spray: Gunakan semprotan rambut (hair spray) pada permen karet agar permen karet mengeras/kaku. Lalu, angkat noda permen karet yang telah mengeras dengan pisau. Hal tersebut akan memudahkan mengangkat permen karet karena keras dan pecah dengan mudah.

Minyak Orange: Rendam spons dalam minyak jeruk. Gosokkan pada permen karet dan diamkan untuk beberapa waktu. Setelah mengeras, kikis permen karet dengan pisau. pastikan mengikis dengan satu arah yang sama, agar serat kain tidak rusak. Setelah terangkat sempurna, cuci kain dan keringkan.

Nah, bagaimana.. Anda punya pengalaman tertempel permen karet pada baju? Yuk, Sharing di Sini ya, pengalaman cara membersihkannya. [e_SdS]

 

 

Keywords:

  • yhs-fullyhosted_003
  • cara menghilangkan noda bekas permen karet
  • tips menghilangkan noda pada seal karet
  • siluet busana zara
  • PELENTURKARET
  • menghilangkan noda permen karet ϑĩ celana sekolah SMA
  • cara mengilangkan bekas permen karet di rok sekolah abu-abu
  • Cara Menghilangkan Permen Karet Yg tertempel di celana
  • cara menghilangkan permen karet dirok yang sudah lama
  • cara menghilangkan permen karet dirok