panduan perjalanan bersama bayi baru lahir

panduan perjalanan bersama bayi baru lahir

Bayi Anda tidak lahir di rumah, namun di rumah sakit / rumah sakit bersalin. Itulah mengapa perjalanan dengan bayi baru lahir Anda mutlak diperlukan. Misalnya, Anda harus melakukan perjalanan dengan bayi baru lahir Anda dengan mobil dari rumah sakit ke rumah atau sebaliknya.  Menurut tradisi di masyarakat kita, bayi yang baru lahir dan ibu terbatas di rumah saja selama 35 – 40 hari (dalam bahasa jawa: selapan). Hal tersebut  sebenarnya dimaskudkan untuk memberi waktu bagi ibu untuk memulihkan diri dari trauma melahirkan, memulihkan stamina dan kondisi pasca persalinan. Sedangkan bagi bayi, dimaksudkan untuk proses adapatasi bayi serta melindungi bayi yang masih lemah sistem kekebalan tubuhnya dari serangan infeksi di lingkungan luar. Namun, jika Anda harus melakukan perjalanan dengan bayi Anda dengan penerbangan, pergi menggunakan kereta atau  mobil. Bagaimana ya?

Berikut Sharing di Sini beberapa panduan dasar yang mungkin Anda perlu ketahui jika akan melakukan perjalanan bersama bayi baru lahir Anda.

Jika Anda ingin melakukan perjalanan dengan penerbangan dengan bayi Anda, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Bayi Anda perlu setidaknya beberapa minggu (dari hari pertama lahir) untuk bepergian menggunakan pesawat udara. Masing-masing maskapai penerbangan memiliki kebijakan yang berbeda untuk penumpang bayi, baik batasan usia minimal maupun faktor kondisi kesehatan. Jika bayi Anda prematur atau menderita beberapa jenis penyakit bawaan, maka Anda perlu untuk menginformasikan penerbangan tentang hal itu. Dan biasanya maskapai penerbangan menginginkan surat pengantar dari dokter anak calon penumpang.

Saat bepergian bersama bayi menggunakan penerbangan/pesawat udara, waspadalah terhadap satu hal. Pada umumnya telinga bayi di usia dini belum siap terhadap tekanan udara yang terlalu besar. Hal tersebut mengakibatkan nyeri pada gendang telinga, dengan demikian bayi mungkin menjadi rewel sepanjang penerbangan. Untuk itu, hindari penerbangan saat bayi flu/pilek (saluran pernapasan tersumbat), usahakan menyusui selama di perjalanan pesawat (terutama saat take off/lepas landas atau landing/akan mendarat), kenakan penutup telinga pada bayi Anda.

Jika Anda bepergian bersama bayi menggunakan kereta api, maka tidak ada batasan usia. Bayi Anda bahkan bisa menikmati gerakan kereta api yang berjalan seakan menggoyang-goyang tubuhnya. Namun, pastikan Anda packing dengan lengkap semua kebutuhan bayi Anda, seperti obat-obatan penting untuk bayi, ASI perahan di botol, perlengkapan pakaian bayi, selimut, popok, topi, sarung tangan, kaos kaki, jaket, dll.

Bila Anda bepergian bersama bayi dengan mobil, selalu menggunakan kursi mobil bayi (untuk bayi di atas 1 bulan). Namun, sebaiknya jangan duduk dengan bayi di pangkuan Anda untuk jarak jauh, ini untuk keselamatan bayi Anda. Ini menghindari rem mendadak atau jalan yang tidak rata. Gunakan kursi/box bayi yang dapat digunakan untuk posisi tidur, setengah rebah atau duduk, dan yang sesuai usia bayi. Untuk bayi yang masih kecil biasanya kursi bayi menghadap ke belakang/membelakangi sopir. Dan untuk toddler biasanya kursi bayi menghadap depan. Pastikan gunakan sabuk pengaman serta kursi bayi sudah terkunci dengan jok mobil Anda, sehingga tidak terlempar/bergerak. Juga gunakan kaca anti UV / pelindung matahari di kaca mobil Anda untuk menghalangi pancaran sinar matahari yang menyengat pada kulit halus bayi dan matanya. Pastikan bayi Anda terhidrasi. Anda dapa menyusui secara langsung maupun menyiapkan ASI perahan di botol.  Jangan menempatkan  kursi bayi tepat di depan pendingin mobil (AC) karena bayi dapat masuk angin. Siapkan selimut dan perlengakapan ayi yang dibutuhkan.
Pada saat bayi Anda sudah berusia 3 bulan, adalah waktu yang benar-benar aman untuk bepergian bersama  bayi dengan mobil, kereta atau pesawat.

 

Nah, beberapa bulan ke depan hari raya dan liburan panjang. Buat Ayah dan Bunda, jika ingin mengikutsertakan perjalanan perdana ke luar kota bayi Anda, perhatikan kondisi si kecil terlebih dahulu mengenai kesiapannya untuk perjalanan jauh, jika kondisinya sehat, kuat, dan tidak ada masalah siapkan segala kebutuhannya dengan benar. Semoga lancar perjalanan bersama si kecil ya.. [e_SdS]

Keywords:

  • bayi baru lahir naik pesawat
  • umur berapa bayi boleh bepergian
  • Apakah bayi umur 1 bulan boleh pergi jauh
  • apakah bayi baru lahir boleh diajak keluar kota
  • apa boleh bayi 1 bulan di bawa keluar rumah dalam islam
  • apa bleh Anak umur 2bln menempuh perjlanan jauh atau ikut mudik
  • anak baru lahir bolehkah dibawa perjal
  • amankah bayi umur 2 minggu melakukan 3 jam perjalanan
  • usia minimal bayi naik kereta
  • amankah bayi 2 bulan naik mobil sampai 12 jam