Di usia prasekolah, anak mulai memiliki keberanian untuk melakukan kegiatan di luar rumah, kadang tanpa didampingi orang dekatnya. Karenanya , usia prasekolah rentan tindak kejahatan oleh orang dewasa. Sementara, ia sendiri belum dapat mengenal gelagat buruk dan melindungi diri. Bagaimana cara mengajarinya agar si kecil tetap aman?

Berikut ini beberapa hal penting untuk wajib diketahui bagi anak Anda yang memasuki usia prasekolah versi SDS, yaitu :

  1. Tahu identitas diri. Nama diri, nama orangtua, lokasi rumah, nama wilayah lokasi rumah.
  2. Terapkan aturan-aturan. Kapan waktu makan, bermain dan tidur.
  3. Anak harus minta izin bila melakukan sesuatu di luar rumah. Dimana dan dengan siapa. Tidak sembarangan pergi atau mau diajak orang. Apalagi ke tempat-tempat yang sepi. Tidak mudah menerima pemberian atau tergiur iming-iming apa pun dari siapa pun.
  4. Ajari anak untuk berteriak keras atau lari sekencang-kencangnya untuk meminta bantuan, bila ia dipaksa seseorang.
  5. Ajari anak untuk melindungi tubuhnya. Tak sembarangan orang boleh memeluk, mencium, atau memegang-megang dirinya. Tidak mau disuruh melakukan sesuatu yang tidak pada tempatnya semisal disuruh buka celana sementara dirinya tak ingin pipis. Sampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami. Contoh, “Adek tidak boleh buka-buka celana kalau ada yang menyuruh. Nanti tubuhmy kotor atau luka, dan pipisnya bisa sakit. Kalau mau buka celana kalau adek mau pipis dan pup saja ya.”