Bayangkan jika anak hidup tanpa aturan. Ia akan memilih makan es krim dan cokelat setiap hari, bermain games tanpa henti, atau tidak mau bersekolah dengan alas an bosan. Anak-anak memang cenderung hanya mau melakukan apa yang mereka sukai, bukan yang seharusnya mereka lakukan. Oleh sebab itu , mereka perlu aturan karena aturan adalah pagar pengaman bagi hidup anak.

Aturan adalah suatu cara, ketentuan, patokan, ataupun perintah yang diciptakan dan disepakati sebagai norma yang mendatangkan kebaikan bagi yang bersangkutan dan orang di sekitarnya.

Tentu saja, anak tidak akan secara instan tahu aturan, apalagi mau menaatinya. Orangtualah yang harus membiasakan dan mendidiknya supaya anak bisa hidup dalam aturan. Lebih baik, peraturan pertama kali diperkenalkan oleh keluarga. Seiring bertambahnya usia, anak akan mengenal peraturan lain , seperti peraturan yang berlaku di skeolahnya. Kebiasaan menaati aturan saat di lingkungan rumah memegang peranan penting sebagai modal untuk belajar menerima dan mengikuti aturan ketika ia berada di lingkungan yang lebih luas.

Dari aturan yang Anda terapkan pada anak, ternyata membawa manfaat bagi anak ketika ia dewasa. Berikut SDS akan berbagi mengenai manfaat aturan bagi anak ketika ia dewasa nanti.

  1. Anak yang telah terbiasa memantuhi aturan akan membawa perilaku-perilakunya yang baik hingga usia dewasa. Tak sulit baginya untuk mematuhi aturan-aturan yang ada di masyarakat atau lingkungan kerja.
  2. Anak yang taat aturan kelak lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru yang memiliki peraturan berbeda-beda. Pergaulan anak pun jadi lebih luas.
  3. Meski tak selalu menjamin, hidup teratur membuat seseorang lebih mudah membuat rencana, menyusun strategi, dan berproses untuk mencapainya. Ia pun mampu memprioritaskan mana yang lebih penting dan harus dilakukan segera.
  4. Orang yang tahu aturan akan bercitra positif di mata orang banyak.
  5. Pola pikir anak pun akan lebih dewasa karena sejak kecil ia memahami bahwa aturan itu semata-mata demi kebaikannya bukan untuk mengekang. Berbeda jika ia tak pernah kenal aturan. Ada aturan sedikit saja, ia akan merasa tersinggung karena merasa kesenangannya diganggu.

Nah, Selamat menerapkan aturan dengan kasih sayang.

Keywords:

  • manfaat pentingnya aturan bermain
  • manfaat mentaati peraturan
  • manfaat menaati peraturan
  • manfaat mematuhi peraturan sekolah
  • manfaat aturan
  • manfaat mematuhi tata tertib
  • manfaat mentaati at
  • manfaat menaati tata tertib
  • manfaat mematuhi tata tertib di sekolah
  • manfaat ada persatuan dalam bermain