Apakah saat ini Anda atau kah isteri sedang hamil? Kehamilan adalah masa yang paling indah bagi seorang wanita, terutama kehamilan anak pertama. Semua tahap-tahap perkembangan janin di dalam rahim tentu membuat orangtua merasa “amazing” dan selalu ingin tahu tahap perkembangan janinnya. Selalu berharap segalanya berjalan lancar dan sehat anak beserta ibunya. Bagi Anda calon orangtua baru, berikut Sharing di Sini Tahap-tahap perkembangan janin di dalam rahim selama 40 minggu.

9 bulan perkembangan janin di rahim

9 bulan perkembangan janin di rahim

Minggu ke-1
Secara teknis Anda belum dinyatakan hamil. Tanggal jatuh tempo (hamil) sebenarnya berpedoman pada hari pertama haid terakhir Anda, yang dianggap sebagai minggu pertama kehamilan Anda.

Apa yang terjadi pada bayi: Belum ada, tetapi segera setelah terjadi pembuahan, bayi Anda akan mulai mengalami ribuan perubahan selama 40 minggu ke depan.

Apa yang terjadi pada Ibu: Ketika Ibu mempersiapkan diri untuk 40 minggu ke depan, mulai persiapkan diet (makanan bernutrisi), menghilangkan obat-obatan, alkohol, kafein, dan meminta dokter Anda untuk meresepkan vitamin prenatal.

Minggu ke-2
Terjadinya Ovulasi (pembuahan). pada umumnya, ovulasi terjadi antara hari 11 dan 21 dari siklus haid Anda.

Apa yang terjadi pada bayi:  menempelnya sprema ke dalam inti ovum.

Apa yang terjadi pada Ibu: Selama ovulasi (saat indung telur melepaskan sel telur), peluang Ibu untuk meningkatkan konsepsi. Lapisan rahim berkembang untuk mempersiapkan telur yang dibuahi.

Minggu ke-3
Anda hamil! Namun, alat tes kehamilan belum dapat mengkonfirmasi dengan benar kehamilan Anda, sehingga Anda perlu menunggu beberapa hari kedepan.

Apa yang terjadi pada bayi: Sel telur yang telah terbuahi, sekarang berbentuk bola sel, disebut blastocyst ketika berjalan menempel di dinding rahim Anda. Sel tersebut akan melekat pada lapisan rahim, di mana ia akan tetap disana selama sembilan bulan ke depan. Dan besarnya kurang lebih sebesar kepala jarum pentul.

Apa yang terjadi pada Ibu: Mungkin Ibu belum merasakan apa-apa, meskipun beberapa wanita merasa kram dan berat pada daerah vagina.

Minggu ke-4
Pada akhir pekan ini, tes kehamilan dapat memastikan kehamilan Anda.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi Anda masih kecil sekali, terdiri dari lapisan sel-sel yang akan menjadi organ dan jaringan.

Apa yang terjadi pada Ibu: Beberapa wanita baru hamil muda mengalami beberapa kram, meningkatnya keputihan  dan sedikit perdarahan (flek / lendir transparan dan pink) akibat tertanamnya sel telur yang terbuahi di dinding rahim. Beberapa wanita bahkan merasakan gejala kehamilan, kurang lebih mirip dengan yang dirasa setiap bulan saat sebelum menstruasi (sakit punggung, sakit kepala, nyeri payudara, dll).

Minggu ke-5
Tes kehamilan sudah benar-benar positif  membaca kehamilan Anda. Pastikan Anda makan dengan benar. Minta resep dokter untuk vitamin prenatal, dan mulai mengonsumsinya setiap hari.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi Anda memiliki panjang kurang lebih 0,118 inci, dari kepala sampai pantat, dan hatinya sudah mulai berdebar, sementara kerangkanya mulai terbentuk.

Apa yang terjadi pada Ibu: Morning sickness biasanya dimulai sekitar enam minggu, tetapi beberapa wanita mengalaminya pada minggu ke-5 bahkan sebelumnya. Untuk mengatasi morning sickness sebaiknya makan dalam jumlah asupan kecil namun sering dan hindari makanan dengan aroma yang kuat.

Minggu ke-6

minggu ke - 6 kehamilan

minggu ke – 6 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Otak, paru-paru, lengan, kaki dan sistem saraf semua dalam tahap awal pembentukan.

Apa yang terjadi pada Ibu: Selain morning sickness, beberapa Ibu mengalami mual, bahkan penurunan berat badan akibat perubahan awal kehamilan, karena makan lebih sedikit (nafsu makan berantakan). Anda juga mungkin memiliki areola gelap dan nyeri payudara.

Minggu ke-7

minggu ke - 7 kehamilan

minggu ke – 7 kehamilan

Minggu depan dokter kandungan mungkin ingin melihat Anda sebagai kunjungan pranatal pertama. Buatlah daftar pertanyaan yang Anda miliki, dan meminta pasangan Anda bergabung dengan Anda.

Apa yang terjadi pada bayi: organ bayi, rambut, kelopak mata dan tali pusat semua terbentuk. Si kecil kini sekitar satu inci panjangnya dan beratnya kurang dari sebutir aspirin.

Apa yang terjadi pada Ibu: Pada awal trimester ini sangat wajar jika ibu kehilangan beberapa kilogram, dan belum terlihat dari fisik luar jika Ibu adalah wanita hamil.

Minggu ke-8

minggu ke - 8 kehamilan

minggu ke – 8 kehamilan

Merasa mengantuk? Trimester pertama adalah sangat wajar merasa mengantuk dan tubuh terasa cepat lelah bagi calon ibu kebanyakan. Cobalah mencari waktu tidur siang, kapanpun dan dimanapun Anda bisa.

Apa yang terjadi pada bayi: Pada minggu ke-8 bayi berukuran sebesar kacang. Sedang mengalami proses pembentukan telinga, tulang, jari, jari kaki, mata, telinga, bibir dan hidung.

Apa yang terjadi pada Ibu: Dalam tubuh Ibu mempunyai 50 persen darah pada sirkulasi darah dalam tubuhnya untuk dialokasikan pada rahim, yang kini berukuran sebesar buah jeruk atau bahakan lebih besar lagi.

Minggu ke-9

minggu ke -  9 kehamilan

minggu ke – 9 kehamilan

Antara kelelahan dan morning sickness, olahraga dapat menjadi jalan keluar terbaik. Para ahli menyarankan agar ibu hamil tetap aktif. Hal ini dapat membantu mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan energi dan membantu Anda mendapatkan tidur teratur. Jadi berjalan-jalan sehari-hari, gym ringan atau mencoba yoga prenatal agar tetap bugar.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi sekarang berukuran sebesar buah anggur, dan ekor di bagian bawah tulang belakangnya sekarang hilang. Jantung sekarang memiliki empat ruang, seperti Anda.

Apa yang terjadi pada Ibu: Ibu mungkin merasa lebih lelah karena perubahan hormonal, mengalami gangguan/masalah tidur dan morning sickness. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, rubahlah posisi tidur Anda.

Minggu ke-10

minggu ke - 10 kehamilan

minggu ke – 10 kehamilan

Anda telah memalui seperempat dari perjalanan kehamilan, namun Anda belum merasa perubahan berarti dalam fisik. Jangan khawatir,  karena tidak lama akan segera berubah, seperti bayi mulai bertambah berat badannya dan Anda akan merasakan tendangan pertama yang menakjubkan.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi  sekarang berukuran se-kapur, dan kepalanya jauh lebih besar daripada bagian tubuhnya.

Apa yang terjadi pada Ibu: Ibu akan bertambah berat badannya, dan mungkin akan beralih “size” baju pada ukuran ibu hamil, kenakan rok/celana yang memakai pinggang elastis, agar muat hingga bulan ke 9 kehamilan.

Minggu ke-11

minggu ke - 11 kehamilan

minggu ke – 11 kehamilan

Anda hampir melampaui pada akhir trimester pertama kehamilan, yang berarti gejala morning sickness dan kelelahan sudah mulai berkurang.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi bergerak di semua tempat, tetapi Anda belum bisa/ belum terlalu merasakannya. Saat ini berat bayi setengah ons atau lebih, dan tulang-tulangnya mulai mengeras.

Apa yang terjadi pada Ibu: Beberapa calon ibu akan merasakan sakit kepala akibat meningkatnya kadar hormon, meningkatnya volume darah, stres dan kurangnya kafein (karena wanita hamil tidak boleh mengonsumsi kopi/kafein).

Minggu ke-12

minggu ke -12 kehamilan

minggu ke -12 kehamilan

Ada telah melewati trimester pertama kehamilan. Kongres Amerika of Obstetricians dan Gynecologists pernah menyarankan USG di sekitar waktu ini untuk mengukur risiko bayi Anda dari down sindrom, sehingga asupan gizi dan vitamin ibu hamil dapat ditingkatkan saat menjelang trimester kedua.

Apa yang terjadi pada bayi: Minggu ini, penampilan wajah bayi akan terbentuk ke penampilan yang lebih normal seperti mata dan telinga bergerak lebih dekat ke posisi akhir mereka. Ginjal bayi Anda mungkin telah mulai mengeluarkan urin dan sel-sel saraf berkembang dengan cepat. Bayi Anda mengembangkan refleks yang lebih kompleks dan mungkin mulai mengisap. Merangsang dengan sentuhan pada titik-titik tertentu di daerah perut (rahim) dapat menyebabkan bayi Anda untuk bergerak, tetapi Anda tidak akan merasakan gerakan yang berarti (belum terlalu terasa) selama beberapa minggu lagi.

Apa yang terjadi pada Ibu: Ibu hamil dapat merasakan melebar/mengembangnya area perut bagian bawah. Mulai tampak perubahan pada kulit, termasuk penggelapan areola dan munculnya bercak-bercak hitam pada wajah, kulit leher dan ketiak. Beberapa ibu hamil malah menjadi berurusan dengan jerawat selama kehamilan karena pengaruh hormon kehamilan.

Minggu ke – 13

minggu ke - 13 kehamilan

minggu ke – 13 kehamilan

Pada minggu ini, jika Anda memiliki anak kembar dua (atau lebih), Anda akan mengetahui, baik dari tes darah atau USG yang dapat mengkonfirmasi kehamilan ganda.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi kini memiliki berat 1 ¼ ons, memiliki sidik jari dan lapisan lembut bulu yang menutupi kulitnya. Rambut ini mungkin masih terlihat sampai saat ia lahir, tetapi akhirnya akan hilang dengan sendirinya.

Apa yang terjadi pada Ibu: Kunjungan rutin ke Dokter kandungan pada minggu ini sudah mulai harus rutin, setidaknya setiap empat minggu sekali, untuk memeriksa berat badan, tekanan darah, urin, mengukur rahim Anda, dan mendengarkan detak jantung bayi. jadi, jangan lupa membuat perjanjian dengan dokter dan tentukan dokter yang paling cocok!

Minggu ke – 14

minggu ke - 14 kehamilan

minggu ke – 14 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Pada minggu ini, berat bayi kurang lebih 2 ons (kurang lebih berukuran se- sabun mandi batangan) dan terus berkembang pada tingkat yang mengagumkan.

Apa yang terjadi pada Ibu: risiko Anda keguguran lebih rendah sekarang, Anda berada di trimester kedua. Dan Ibu sudah mulai terbiasa dengan ritme orang hamil, sehingga memiliki beberapa energi lebih. Namun, tetaplah jaga kondisi tubuh agar selalu fit. Pada trimester kedua ini, Ibu akan merasa lebih “ringan” , tanpa perjuangan seperti saat adaptasi awal kehamilan (trimester pertama) atau saat beban semakin berat di trimester ketiga.

Minggu ke – 15

minggu ke - 15 kehamilan

minggu ke – 15 kehamilan

Tidur lebih mudah pada trimester kedua, hanya saja, sebaiknya tidak tidur telentang, karena dapat menurunkan sirkulasi ke jantung Anda.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi sekarang berukuran panjangnya hampir 5 inci, mata dan telinganya terus berkembang. Bayi sudah dapat mengisap ibu jarinya.

Apa yang terjadi pada Ibu: Pada minggu ini, dokter dapat melakukan triple screen atau layar quad untuk menguji untuk sindrom Down, trisomi 18 (kelainan genetik pada bayi yang biasanya mengakibatkan bayi tidak bertahan hidup) dan cacat tabung saraf (masalah dengan pembangunan dari otak atau sumsum tulang belakang).

Minggu ke – 16

minggu ke - 16 kehamilan

minggu ke – 16 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi sekarang beratnya 2,5 ons. Dia sudah terlihat sempurna seperti bayi dan jantungnya memompa sekitar 25 liter darah setiap hari.

Apa yang terjadi pada Ibu: Bersiaplah, beberapa hari ke depan, Ibu akan merasakan gerakan pertama bayi, yang terasa gerakan tendangan-tendangan yang sangat cepat.

Minggu ke – 17

minggu ke - 17 kehamilan

minggu ke – 17 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi sekarang beratnya 4 ons dan jaringan lemak di bawah kulitnya mulai berkembang, sehingga memberikan energi/persiapan menghangatkan tubuhnya ketika dia terlahir ke dunia.

Apa yang terjadi pada Ibu: Payudara Ibu mulai mengembang dan terisi air susu untuk perisapan memberikan ASI kepada bayi. Berkembangnya ukuran payudara ibu sangat terlihat di minggu ini dan terlihat banyak pembuluh darah dari lapisan kulit.

Minggu ke – 18

minggu ke - 18 kehamilan

minggu ke – 18 kehamilan

Anda hampir melalui setengah jalan kehamilan.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi terus tumbuh, sekarang panjang tubuhnya lebih dari 6 inci dan telinganya mulai berfungsi. Bahkan mungkin bisa mendengar suara keras, selain suara detak jantung dan menggeram perut ibunya di dalam rahim.

Apa yang terjadi pada Ibu: Waspadai tekanan darah tinggi, tetapi juga kemungkinan mengalami tekanan darah rendah selama kehamilan, karena sistem peredaran darah Anda mengembang saat ini. Menangkal pusing dalam bentuk apapun, dengan memastikan tidak berdiri terlalu cepat jika dari posisi duduk/berbaring.

Minggu ke – 19

minggu ke - 19 kehamilan

minggu ke – 19 kehamilan

Jika dalam kondisi hamil, Anda dilanda sakit punggung, sakit kepala atau keluhan nyeri lainnya, segera konsultasikan dengan dokter Anda sebelum Anda mengonsumsi obat, karena untuk memastikan obat-obatan yang Anda konsumsi tidak akan membahayakan bayi Anda.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi beratnya sekitar 7 ons minggu ini, dan ia mulai tumbuh rambut.

Apa yang terjadi pada Ibu: Beberapa Ibu sudah mulai mengalami nyeri ligamen bulat, rasa sakit di perut bawah atau pinggul yang disebabkan oleh peregangan tulang ligamen bulat, yang di atasnya menopang rahim.

Minggu ke – 20

minggu ke - 20 kehamilan

minggu ke – 20 kehamilan

Jika pada minggu ini Anda melakukan USG, Anda mungkin sudah dapat mengetahui jenis kelamin bayi (jika Anda begitu ingin megetahuinya). Jika Anda melakukannya, aling tidak Anda dan pasangan dapat merencanakan persiapan nama si kecil kelak ketika sudah lahir.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi sekarang beratnya 9 ons dan organ paru-paru dan kandung kemihnya mulai berkembang dan berfungsi.

Apa yang terjadi pada Ibu: USG 20 minggu adalah kesempatan Anda dan bagi dokter untuk melihat/memantau pertumbuhan bayi, memeriksa plasenta, cairan amnion, mencari cacat lahir, dan tentu saja, melihat jenis kelamin bayi.

Minggu ke – 21

minggu ke - 21 kehamilan

minggu ke – 21 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Ukuran bayi sekarang sudah cukup besar jika diukur dari kepala sampai tumit. Panjangnya sekitar 8 ½ inci dan memproduksi mekonium, yang akan menjadi kotoran pertamanya ketika dia lahir.

Apa yang terjadi pada Ibu: pergelangan kaki dan tangan menjadi bengkak, hal ini sering terjadi pada kehamilan. Ibu hamil punya banyak cairan ekstra dalam tubuhnya pada minggu ini.  Tetapi jika terjadi pembengkakan tiba-tiba di tangan atau kaki yang terjadi tidak wajar/mengganggu, hubungi dokter. Karena bisa saja hal ini merupakan gejala preeklamsia, atau tekanan darah tinggi yang patut diwaspadai.

Minggu ke – 22

minggu ke - 22 kehamilan

minggu ke – 22 kehamilan

Jika Anda ingin menjalani babymoon, atau liburan terakhir sebelum bayi lahir, lebih baik melakukannya segera. Saat ini adalah terbaik untuk melakukan perjalanan sebelum Anda mencapai 28 minggu. Jika Anda terbang, pastikan untuk minum banyak cairan dan tidak duduk terus-menerus (bergerak, meluruskan kaki) setiap jam atau lebih sering lagi.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi saat ini beratnya 14 ons, panjang bayi sekitar 10 inci dan bentuknya sudah hampir siap seperti bayi yang baru lahir. Mata sudah sepenuhnya terbentuk, bibirnya sudah jelas terbentuk  dan ia bahkan sudah memiliki bulu alis mata. Pada 22 minggu hamil kehamilan adalah di tengah-tengah trimester kedua dan mungkin mulai merasa beberapa gerakan di dalam rahim. Organ tubuhnya berkembang dengan pesat dan sekarang dia sudah dapat menggerakkan kaki. Walaupun kelopak mata dan matanya sudah terbntuk, rambut alis sudah tumbuh, namun iris matanya belum memiliki pigmen.

Apa yang terjadi pada Ibu: Pada minggu ini ibu hamil akan mengalami lonjakan hormon kehamilan, sehingga ada banyak perubahan konsdisi ibu. Rambut akan lebih berkilau dan kuku tumbuh lebih cepat. Stretch mark biasanya muncul sekitar minggu ke-22 ini dan kulit ibu hamil terlihat lebih gelap karena peningkatan melanin. Puting dan areola pada umumnya akan menjadi lebih gelap dan lebih besar. Kaki beberapa ibu hamil mulai membengkak,  pada umumnya malah sering naik dari ukuran sepatu biasanya. Rahim anda mulai berkembang sekitar hampir satu inci di atas pusar.

Minggu ke – 23

minggu ke - 23 kehamilan

minggu ke – 23 kehamilan

pada minggu ke-23 ibu hamil sering dilanda pada keluahan kram kaki pada malam hari (saat tidur). Berolahraga secara teratur, cukupi mineral/cairan serta peregangan kaki Anda sebelum tidur akan membantu mencegahnya.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi sudah memiliki berat sekitar 1 pon (500 gram). Jika bayi laki-laki, testis dan penisnya sudah mulai terbentuk dan jika perempuan, janin pun sudah terbentuk vagina, rahim dan ovariumnya.

Apa yang terjadi pada Ibu: Ibu akan mengalami sering buang air kecil karena rahim yang berkembang membesar sehingga menekan pada kandung kemih.

Minggu ke – 24

minggu ke - 24 kehamilan

minggu ke – 24 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi mengalami salah satu kakinya lebih panjang dari kaki yang lain, paru-paru dan otak tumbuh dengan cepat.

Apa yang terjadi pada Ibu: Dalam beberapa hari ke depan, Ibu biasanya direkomendasikan dokter untuk diperiksa gestational diabetes. Jika melakukan tes tersebut, biasanya Ibu harus puasa semalam, kemudian menelan minuman yang berasa super manis untuk menguji gula darah. Jika hasilnya tinggi, berarti didiagnosis sebagai diabetes gestasional, maka harus mengikuti diet khusus dan juga mungkin memerlukan obat-obatan. Jika tidak diobati, diabetes kehamilan dapat menyebabkan masalah bagi bayi, seperti kesulitan bernapas dan masalah kesehatan lainnya.

Minggu ke – 25

minggu ke - 25 kehamilan

minggu ke – 25 kehamilan

Pada minggu-minggu ini Ibu hamil sering ingin merasa dimanjakan hasrat keinginan mengonsumsi makanan kesukaannya. Nah, jika makanan-makanan yang tidak biasa, demi kesehatan ibu hamil dan janin, sebaiknya konsultasi dengan dokter, karena menghindari makanan yang berbahaya bagi kesehatan janin dan ibu.

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi sudah mempunyai panjang 13-inch. Dia juga sudah mulai aktif bergerak, terutama di malam hari, ketika jam tidur ibu.

Apa yang terjadi pada Ibu: Rahim Ibu hamil sekarang berukuran sebesar bola sepak. Pada minggu – minggu ini ibu hamil sangat rentan mengalami hidung tersumbat, tidur mendengkur, hidung mimisa, gusi berdarah. Hal tersebut sebenarnya berhubungan dengan kehamilan, karena peningkatan aliran darah ke seluruh tubuh Ibu hamil, yang dapat membatasi aliran udara di hidung dan saluran napas.

Minggu ke – 26

minggu ke - 26 kehamilan

minggu ke – 26 kehamilan

Kurang 14 minggu menjelang persalinan. Jika bayi Anda lahir sekarang, dia memiliki kesempatan bertahan hidup  80 persen dari bayi yang lahir cukup bulan, menurut March of Dimes.

Apa yang terjadi pada bayi: Pada minggu 26  janin telah berkembang beratnya menjadi sekitar satu sampai dua kilogram. Bayi juga dapat mulai menghirup dan menghembuskan napas melalui cairan ketuban, yang merupakan bagian penting dari pengembangan atau paru-parunya. Selama minggu-26 ini, telinga bayi telah cukup berkembang untuk memungkinkan dia untuk mendengar suara-suara di luar rahim. Jika anak laki-laki, buah zakarnya mulai terbentuk skrotum, sebuah proses yang biasanya memakan waktu dua atau tiga hari.

Apa yang terjadi pada Ibu: Berapa banyak berat badan yang harus diperoleh saat ini? tentu setiap wanita hamil berbeda. Dokter akan memberitahukan Anda harus menambah berat badan atau justru menjaga diet makan karbohidrat/gula untuk mengerem berat badan. Minggu tanggal 26 kehamilan juga dapat sering menyebabkan peningkatan tekanan darah dan perubahan hormonal yang dapat menyebabkan nyeri punggung bawah.

Minggu ke – 27

minggu ke - 27 kehamilan

minggu ke – 27 kehamilan

Minggu ini adalah minggu terakhir pada trimester kedua. Anda dapat mulai mencari informai mengenai kelas prenatal, atau informasi mengenai paket melahirkan di rumah sakit yang Anda dan pasangan ingin rencanakan.

Apa yang terjadi pada bayi: Pada minggu ini bayi mulai mengalami cegukan 100x sebagai proses kehamilan yang sehat dan berlanjut. Ibu hamil akan merasakan dari dalam perutnya seperti berdenyut-denyut lembut (cegukan). Janin telah berkembang, beratnya saat ini sekitar 2 kilogram dan panjangnya 14 inci. Dia juga mampu membuka dan menutup mata untuk pertama kalinya dan bayi akan mulai mengembangkan siklus tidur lebih teratur.

Apa yang terjadi pada Ibu: Seiring dengan semua perubahan tubuh Ibu hamil, stretch mark juga mulai berkembang dan terlihat di daerah perut, paha, pantat sampai betis belakang. Sayangnya, Anda tidak bisa mencegahnya, tetapi strechmark akan menjadi berkurang terlihat setelah bayi lahir. Selain itu, kram kaki akan lebih sering dialami, karena berat badan bayi yang telah tertempel di tubuh ibu. Para ibu hamil juga mulai terlihat bahwa energi menjadi sedikit kurang dari yang dia lakukan selama trimester pertama, karena faktor keterbatasan secara fisik yang mulai berat.

Minggu ke – 28

minggu ke - 28 kehamilan

minggu ke – 28 kehamilan

Selamat datang di trimester ketiga. Tangan dan Jari bengkak, sehingga cincin pernikahan menjadi tidak muat dipakai di jari manis.

Apa yang terjadi pada bayi: Berat bayi saat ini sekitar 1.25 gram, dan dia akan menambah berat badannya dengan cepat dalam beberapa minggu ke depan. Otaknya bekerja keras, menjadi lebih kompleks dan berkembang lebih banyak jaringan.

Apa yang terjadi pada Ibu: Dalam beberapa minggu ke depan, Anda mungkin akan melawan kram kaki, sembelit, wasir, sulit tidur dan gangguan lainnya.

Minggu ke – 29

minggu ke - 29 kehamilan

minggu ke – 29 kehamilan

Dokter Anda mungkin menyarankan untuk  melakukan penghitungan tendangan. jadi luangkan waktu setiap hari untuk melihat seberapa sering bayi Anda bergerak. Idealnya, Anda harus merasa setidaknya 10 gerakan. Semuanya penting, dari tendangan keras, hingga yanglembut dan kedutan (cegukan).

Apa yang terjadi pada bayi: Bobotnya hampir 3 kilogram, memiliki bulu mata dan telah membuka matanya.

Apa yang terjadi pada Ibu: Kulit ibu mulai tertarik ke segala arah dan mengembang, sehingga lapisan kulit terkesan tipis. Ibu hamil akan berurusan dengan kulit gatal. Mencegah rasa ingin menggaruk, rajin-rajinlah mengoleskan pelembab di area perut dan paha.

Minggu ke – 30

minggu ke - 30 kehamilan

minggu ke – 30 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Mata bayi berkembang dengan pesat. Dia sudah dapat membedakan antara terang dan gelap. Dapat fokus pada cahaya. Pada minggu ke-30, janin rata-rata memiliki berat sekitar tiga kilogram. Lebih dari setengah liter cairan ketuban mengelilingi janin, meskipun jumlah cairan ketuban akan berkurang karena bayi tumbuh dan membutuhkan lebih banyak ruang di dalam rahim. Janin akan mulai meniru bernapas dengan mendorong diafragma ke atas dan ke bawah.

Apa yang terjadi pada Ibu: Pada minggu ini, Ibu mungkin akan mulai mengalami kesulitan tidur. Perubahan suasana hati menjadi sensitif juga umum strjadi elama minggu ke-30 kehamilan, seperti depresi. Merasa lebih manja, ingin perhatian khusus, mudah stres terhadap tekanan, beban kerja, dll.

Minggu ke – 31

minggu ke - 31 kehamilan

minggu ke – 31 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Panjang bayi saat ini adalah 15 ½ inci dan beratnya bisa mencapai sekitar 4 pon (2 kilogram) sekarang.

Apa yang terjadi pada Ibu: Pada minggu ke 31, payudara Ibu hamil akan lebih besar dan mungkin juga memiliki stretch mark. Ada beberapa ibu hamil yang sudah mulai keluar cairan kekuningan dari puting payudara. Ibu tidak perlu khawatir, karena kolostrum adalah cairan pra air susu, yang keluar  dari payudara Anda sekarang juga akan keluar dalam beberapa hari pertama setelah bayi lahir sebelum berubah ke susu yang berwarna putih (ASI) yang sebenarnya.

Minggu ke – 32

minggu ke - 32 kehamilan

minggu ke – 32 kehamilan

Pada mingg ini mungkin beberapa ibu hamil ada yang merasakan kontraksi Braxton Hicks (perut mengencang/kontraksi palsu). Biasanya kontraksi ini berlangsung selama dua menit, yaitu gerakan mengencangnya otot-otot rahim. Jika kontraksi palsu sednag datang, sebaiknya jangan panik, tenang dan menarik nafas dalam-dalam. Namun, jika kontraksi ini berlangsung sering, berulang terus-menerus segera hubungi dokter Anda.

Apa yang terjadi pada bayi: Berat bayi saat ini sekitar 2,25 kilogram dan berlatih pernapasan persiapan untuk kelahirannya.

Apa yang terjadi pada Ibu: Ketika bayi tumbuh membesar, rahim Ibu hamil mulai memberi tekanan pada diafragma, sehingga sulit untuk bernapas.

Minggu ke – 33

minggu ke - 33 kehamilan

minggu ke – 33 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Ukuran bayi saat ini sekitar 16 ½ inci dari kepala sampai kaki, dan terus bertambah berat badannya.

Apa yang terjadi pada Ibu: Perut ibu menjadi lebih sensitif, karena perut ibu terus berkembang. Untuk mencegahnya, makan makanan dalam porsi kecil lebih sering sepanjang hari, untuk menghindari pemicu mulas, hindari makanan yang asam, bersoda, terlalu pedas atau terlalu banyak gorengan.

Minggu ke – 34

minggu ke - 34 kehamilan

minggu ke – 34 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Bobotnya hampir 2,5 kilogram dan kira-kira 17 ½ inci panjang. Tulang bayi mulai mengeras, kecuali tulang-tulang di tengkoraknya, yang tetap lembut sampai setelah lahir.

Apa yang terjadi pada Ibu: Seiring dengan membesarnya perut, Ibu merasa sedikit kesulitan tidur dengan baik.

Minggu ke – 35

minggu ke - 35 kehamilan

minggu ke – 35 kehamilan

Pada minggu ini ada beberapa dokter kandungan yang menyarankan menguji Ibu hamil untuk melakukan tes streptokokus grup B, bakteri yang terdapat dalam tubuh ibu hamil yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada bayi yang dikandung. Jika hasil tes positif, akan mendapat resep antibiotik selama persalinan untuk mengurangi risiko menularkan ke bayi.

Apa yang terjadi pada bayi: Paru-parunya yang hampir sepenuhnya dikembangkan, dan beratnya mungkin sudah mencapai 3 kilogram. Pada ukuran dan fisik yang sudah siap dilahirkan.

Apa yang terjadi pada Ibu: Saat ini posisi bayi sudah dalam posisi yang hampir siap lahir, yakni kepala berada di posisi bawah, kaki di atas. Posisi bayi yang turun di daerah rahim bawah, sehingga menekan pada kandung kemih Ibu, yang memungkin Ibu untuk lebih sering lagi ke toilet daripada sebelumnya.

Minggu ke – 36

minggu ke - 36 kehamilan

minggu ke – 36 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Berat bayi saat ini berkisar antara 2,5kg – 3kg lebih dan panjangnya sekitar19 inci. Bulu-bulu halus yang menutupi seluruh tubuhnya mulai berkurang menjelang kelahirannya.

Apa yang terjadi pada Ibu: Ibu hamil sudah mulai harap-harap cemas dan bahagia menyambut persalinannya. Bicarakan pada dokter tentang proses persalinan yang diinginkan.

Minggu ke – 37

minggu ke - 37 kehamilan

minggu ke – 37 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Bayi sekarang berbobot di sekitar 3kg. Jika bayi masih dalam posisi sungsang, dokter Anda mungkin dapat membenarkan posisinya pada posisi yang benar, kepala di bawah. Senam hamil dan beberapa teknik yoga juga mungkin dapat membantu membenarkan posisi hamil.

Apa yang terjadi pada Ibu: Ibu hamil tidak akan mendapatkan pertambahan berat badan pad aminggu-minggu jelang kelahiran.

Minggu ke – 38

minggu ke - 38 kehamilan

minggu ke – 38 kehamilan

Sudah datang waktunya untuk persiapan persalinan. Jika Anda belum menyiapkan tas berisi perlengkapan pra dan pasca lahiran, siapkan sekarang juga tas yang berisi kebutuhan ibu dan bayi untuk dibawa serta saat anda harus ke rumah sakit untuk bersalin.

Apa yang terjadi pada bayi: Beberapa minggu terakhir ini, bayi hanya bertambah berat badannya, otak dan paru-parunya pun sudah berfunsi dengan baik.  Berat bayi dapat mencapai 3,5kg. Bayi juga telah mengembangkan pemahaman yang lebih cepat dan organnya telah siap untuk bertahan hidup di luar rahim. Kuku-kuku jari tangannya juga sudah mulai tumbuh memanjang.

Apa yang terjadi pada Ibu: Dalam beberapa minggu terakhir, Ibu sering kelelahan dan mengalami sakit punggung, jam tidur lebih sedikit dari sebelumnya dan berurusan dengan pembengkakan, terutama di kaki. JIka pembengkakan kaki terlalu berlebihan, sakit kepala parah atau berat badan yang berlebihan seua keluhan tersebut harus dilaporkan ke dokter.

Minggu ke – 39

minggu ke - 39 kehamilan

minggu ke – 39 kehamilan

Apa yang terjadi pada bayi: Berat bayi bervariasi antara 2,5 – 4kg, panjangnya 18 sampai 20 1/2 inci, seukuran bayi yang siap dilahirkan. Lemak tubuhnya berkembang akan membantunya mengatur suhu tubuhnya di luar rahim ketika lahir nanti.

Apa yang terjadi pada Ibu: Ibu hamil sudah harus kontrol ke dokter setiap minggu dan pemeriksaan panggul akan membantu menentukan proses lahiran, posisi bayi dan berapa banyak serviks berdilatasi.

Minggu ke – 40

Si kecil sudah siap-siap lahir dan ingin bertemu dengan Anda langsung. Semua organ dalam dan fisiknya telah siap, namun ubun-ubun di kepalanya tulangnya masih lembut, tulangnya akan mengeras sampai beberapa bulan ke depan.

Minggu ini perjuangan Anda sebagai ibu dimulai. Dan… Selamat datang Bayiku!

cute baby

cute baby

 

 

 

sumber: huffington

Keywords:

  • perkembangan janin dari minggu ke minggu beserta gambar
  • perkembangan janin
  • proses perkembangan janin
  • perkembangan janin tiap minggu
  • tahap perkembangan janin dari minggu ke minggu
  • perkembangan janin dari minggu ke minggu beserta gambarnya
  • perkembangan bayi
  • tahap perkembangan janin
  • janin 40 minggu
  • perkembangan janin 40 minggu