Berikut Sharing di Sini beberapa pose dan gerakan yoga yang bermanfaat untuk menghilangkan penat, lelah dan stres setelah seharian Anda beraktifitas, dirangkum dari beberapa instruktur yoga ternama.

1. Child’s Pose  / Pose Anak (Balasana)

childs pose (balasana)

childs pose (balasana)

Child’s pose adalah pose yoga untuk mengistirahatkan raga dan membantu pikiran tenang, mengurangi stres dan kecemasan sementara tubuh dalam posisi peregangan secara lembut di bagian belakang. Ini juga baik untuk sistem saraf dan sistem limfatik.

 

2. Bridge Pose / Pose Jembatan (Setu Bandha Sarvangasana)

bridge pose (Setu Bandha Sarvangasana)

bridge pose (Setu Bandha Sarvangasana)

Pose jembatan adalah posisi peregangan yang lembut untuk punggung dan kaki, yang fungsinya mengurangi stres dan ketegangan. Pose ini juga dapat mengurangi kecemasan, kelelahan, sakit punggung, sakit kepala dan insomnia, dan bahkan menjadi terapi untuk tekanan darah tinggi, papar Eva Norlyk Smith, Ph.D, guru yoga dan Managing Editor di YogaUOnline.

 

3. Standing Forward Bend / Berdiri Membungkuk (Uttanasana)

standing forward bend (uttanasana)

standing forward bend (uttanasana)

Pose yoga ini sering digunakan sebagai transisi diantara pose lainnya, Uttanasana memiliki banyak manfaat jila dipraktekkan sebagai pose single. Posisi dengan meregangkan paha belakang, paha, pinggul bermanfaat untuk menghilangkan stres, kelelahan dan depresi ringan. Pose ini yang paling bermanfaat mengurangi stres adalah  dengan lutut sedikit ditekuk. Sorang ahli yoga, Kennedy mengatakan “pose ini bagus untuk kaki dan fisik tubuh lainnya, utuk menenangkan pikiran serta menyeimbangkan aliran darah agar lancar.” katanya.

 

4. Eagle Pose (Garudasana)

eagle pose (garudasana)

eagle pose (garudasana)

Jika anda sering menerapkan pose elang,  dapat membantu menangkal stres dengan meningkatkan konsentrasi dan keseimbangan. Gerakan ini melibatkan bahu, punggung atas dan pinggul. “Pose elang adalah usaha melepaskan ketegangan di bahu, kaki dan punggung, dan membutuhkan fokus pikiran Anda untuk tetap seimbang di dalamnya,” kata Kennedy. “Kau benar-benar memeras ketegangan keluar dari tubuh. Hal ini sangat aktif menangkal stres”.

 

5. Corpse Pose (Savasana)

corpse pose (savasana)

corpse pose (savasana)

Kebanyakan praktek yoga beberapa menit terakhir selalu dihabiskan dengan pose savasana. Pose ini sangat mudah dan menjadi bagian paling menenangkan dari semua pose. Savasana membuat tubuh benar-benar dalam ketenangan jiwa dan menekankan relaksasi total. Savasana dapat memicu “respon relaksasi” tubuh dalam keadaan istirahat yang memperlambat pernapasan dan menurunkan tekanan darah serta menenangkan sistem saraf. “Savasana adalah relaksasi pose,” kata Kennedy.

 

6. Extended Triangle Pose (Utthita Trikonasana)

Extend triangle pose (Utthita trikonasana)

Extend triangle pose (Utthita trikonasana)

Pose ini merupakan salah satu pose dasar dalam yoga,pose segitiga ini sangat baik menghilangkan stres dan peregangan seluruh tubuh, menurut Jurnal Yoga. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi slauran pencernaan,  mengurangi gejala kecemasan, dan osteoporosis.

 

7. Legs Up The Wall Pose (Viparita Karani)

legs up the wall pose (viparita karani)

legs up the wall pose (viparita karani)

Norlyk Smith merekomendasikan pose kaki beristirahat sampai dinding berfungsi untuk mengurangi stres. Pose ini secara tradisional dianggap memperlambat proses penuaan. “Ini membantu memperlancar aliran darah dan kelenjar getah bening kembali memusat ke daerah jantung,” katanya.

 

8. Puppy Pose (Uttana Shishosana)

puppy pose (uttana sishosana)

puppy pose (uttana sishosana)

Sebuah variasi dari child’s pose dengan efek membuka pada bagian dada dan bokong sedikit menungging. “Puppy pose membantu untuk melawan kecenderungan tubuh kita untuk membungkuk (bahu melengkung) saat stres”, papar Norlyk Smith.

 

9. Cat Pose (Marjaryasana)

cat pose (marjaryasana)

cat pose (marjaryasana)

Kucing menimbulkan menenangkan dan membentang punggung bawah, menghilangkan stres sementara lembut memijat tulang belakang. Coba melengkung dan pembulatan kembali 10 kali berturut-turut sambil memfokuskan pada mendalam bernafas. “Dengan menerapkan Cat pose, Anda melepaskan stres pada tulang belakan. Jika Anda mengikuti klas yoga, memungkinkan untuk melakukan teknik memperlambat dan fokus pada teknik pernafasan,” kata Kennedy.”

 

10. Dolphin Pose

dolphin pose

dolphin pose

Posisi dolphin pose yoga hampir mirip dengan posisi anjing (ardho mukha svanasana) yang sama-sama mengahadap ke bawah, bedanya adalah pada dolphin pose posisi kedua lengan menempel dan sejajar di lantai. Pose ini dapat membantu menenangkan pikiran, mengurangi stres dan mengurangi kecemasan, menurut Yoga Journal. Posisi ini juga bermanfaat meregangkan bahu, leher dan tulang belakang. Sehingga menghilangkan kaku otot, dan badan terasa ringan.[e-SdS]

 

 

Semoga bermanfaat ya…

Keywords:

  • cara menenangkan pikiran dengan yoga
  • cara senam yoga untuk menenangkan pikiran
  • contoh gerakan yoga
  • penghilang stres
  • gerakan yoga untuk menghilangkan stress
  • yoga untuk menenangkan pikiran
  • gerakan yoga untuk menenangkan pikiran
  • cara yoga menenangkan pikiran
  • yoga menena
  • yoga menenangkan pikiran