stres di kantor

stres di kantor

Apakah Anda sedang mencari jalan keluar dan terbebas dari perasaan stres?? Minuman keras atau drug? Oh, BIG NO!!

Jangan sampai anda menjadi terperdaya oleh hal-hal negatif hanya karena stres dan terbebani suatu masalah. Sebaiknya salurkan energi yang tersimpan dalam perasaan marah anda pada hal-hal yang positif.

Sebelumnya, latar belakang stres adalah reaksi dari tubuh yang dipengaruhi oleh hormon seperti adrenalin, noradrenalin dan kortisol, yang semuanya memberikan energi untuk melawan atau melarikan diri dari masalah dan rasa tidak nyaman. Namun semuanya kembali ke masing-masing individu dalam merespon dan mengatasi stres tersebut, papar Dr David Posen, seorang pakar stres dan penulis “Apakah Pekerjaan Membunuh Anda? Resep Dokter untuk Mengobati Stres di Tempat Kerja”.

Ketika Anda stres, Anda akan dilanda ketegangan, sehingga pelepasan fisik membantu untuk melepaskan sebagian energi itu, tambah Dr Kathleen Hall, pakar stres dan CEO dan pendiri kedua The Stres Institute dan Life Mindful Network.

Berikut Sharing di Sini Cara Tepat dalam Melepaskan Stres dan Pirantinya yang dapat anda lakukan, untuk membantu diri agar relax dan tenang dalam menguraikan masalah saat diri kita dilanda stres.

1. Meremas bola stres

meremas bola stres

meremas bola stres

Memang benar cara klasik “stres-buster” dengan meremas bola stres ini dapat benar-benar bekerja. Ketika kita stres, tubuh akan tegang dan secara fisik seperti saat kita sedang mengepalkan tangan. Bola Stres memberi solusi agar Anda untuk menekan dan melepaskan, yang dapat membuat Anda merasa kurang tegang dari yang sebelumnya. “Manfaat memeras adalah bahwa ia melepaskan beberapa jenis energi – itu juga menyebabkan Anda untuk bersantai,” kata Posen.

2. Membiarkan diri untuk menangis

menangis

menangis

Bagi sebagian orang, merasa kewalahan berarti air mata mulai terbangun. Tapi bukannya menahan mereka untuk tidak tumpah. Membiarkan air mata mengalir mungkin menjadi solusi untuk mendapatkan kembali ke keseimbangan. “Menangis akan membuat emosi keluar  dan sangat membantu,” kata Posen. Beberapa sumber menyarankan menangis bisa membantu untuk membersihkan hormon stres dari tubuh Anda, yang muncul di air mata yang diberikan.

3. Menari

menari

menari

Menari adalah cara yang indah untuk melepaskan energi ketika Anda sedang stres. Posen mengatakan, “menggunakan banyak otot dan juga mengekspresikannya dalam bentuk tarian akan mengeluarkan hormon endorfin, yang diproduksi  saat Anda bergerak dan ketika Anda menikmati menari. “Menarilah sehingga mengurangi stres karena Anda menjadi bahagia seperti anak-anak lagi, apalagi menari biasanya melibatkan musik. Itu berarti Anda akan mendapat keuntungan dari meningkatkan suasana hati dan menghilangkan stres” tambah Hall.

4. Curhat kepada seseorang

menelepon ibu

menelepon ibu

Melakukan curahan hati (curhat) kepada teman yang baik atau seseorang yang Anda anggap tua/bijaksana dapat membantu untuk keluar dari emosi, membuang energi stres. Miliki dukungan sosial dan tempat untuk mencurahkan hati sangat tepat untuk membongkar stres yang melanda Anda. Curhat adalah cara yang bagus untuk meluapkan energi stres, tapi lebih baik jika Anda bisa melakukannya secara pribadi. “Ketika Anda bertemu tatap muka, Anda menghasilkan banyak oksitosin, hormon menakjubkan yang menenangkan Anda.” papar Hall. Penelitian menunjukkan bahwa mendengar  suara ibu dapat menenangkan Anda hanya seperti ketika Anda masih kecil. Jadi, jika ibu Anda berada jauh dari Anda, telepon dia, untuk sekadar mendengar suaranya.

5. Berteriak

berteriak

berteriak

Berteriak juga kaan membuang energi negatif Anda. Namun Anda harus berhati-hati tentang di mana dan bagaimana Anda berteriak. Rencanakan waktu dan tempat yang baik dan pantas untuk Anda berteriak. Jika Anda benar-benar ingin berteriak, ada cara-cara terorganisir untuk pergi ke kelas yoga mengamuk. Hemalayaa, pencipta yoga mengamuk,  mendorong murid-muridnya untuk melepaskan stres dengan berteriak, dada berdebar dan tertawa. “Saya percaya kita adalah makhluk emosional dan ada saat-saat kita perlu untuk mengekspresikan untuk melepaskan emosi. Jika tidak diluapkan dengan cara yang benar, energi negatif itu akan terjebak dalam tubuh kita dan stres bisa berubah menjadi penyakit.” kata Hemalayaa kepada ABC News.

6. Beri waktu

beri waktu

beri waktu

Istirahat dari rutinitas apa yang Anda lakukan (dan dari apa yang mungkin menyebabkan Anda stres) dapat membantu Anda mengumpulkan energi positif  dan menjadi benar-benar menjadi lebih siap dan produktif kembali. Namun bagaimana jika Anda tidak punya waktu di tempat kerja? Pikirkan dan cukup beri waktu selama 20 detik untuk “mini-break” yang dapat menjadi refresh energi positif yang Anda butuhkan.

7. Mematahkan sesuatu

mematahkan sesuatu

mematahkan sesuatu

Jika Anda sedang diliputi stres dan emosi berat, coba terapi diri Anda dengan mematahkan sesuatu. Namun juga harus dipikirkan dengan benar ya, sesuatu barang tersebut adalah barang yang tidak penting, tidak berharga dan tidak merugikan. Contohnya adalah: patahkan pensil. Cara ini akan mengolah perasaan stres Anda seperti upaya melepaskan energi negatif dan saat pensil patah menjadi dua, pastikan perasaan Anda lega dan lebih baik, seperti bisul yang sudah pecah.

8. Menulis keluh kesah di secarik kertas

menulis keluh kesah pada secarik kertas lalu buang

menulis keluh kesah pada secarik kertas lalu buang

Proses menuliskan keluh kesah, pengalaman menjengkelkan, meluapkan kemarahan, atau beban pikiran dalam secarik kertas adalah hal yang baik untuk melepaskan frustrasi / stres. “Anda tidak perlu khawatir tentang tulisan tangan Anda atau ejaan atau tata bahasanya. Hanya dengan menuliskan marah atau sedih saja sebenarnya sudah cukup”, kata Posen. Kuncinya adalah memastikan surat ini tidak akan dibaca lagi oleh Anda atau orang mungkin akan menemukannya. “Jangan pernah membacanya lagi, karena jika Anda baca kembali rekasinya bagai menelan stres Anda kembali.” Nah, untuk itu, setelah anda menuliskan emosi, kemarahan, kesedihan di secarik kertas, sebaiknya anda remas kertas itu dan buang. Atau anda dapat merobek-robeknya menjadi beberapa bagian. Sehingga membuat perasaan Anda lega dan mengurangi beban pikiran yang melanda.

9. Bernafas dalam-dalam

ambil napas dalam-dalam

ambil napas dalam-dalam

Tarik napas dalam – dalam, adalah cara yang tepat untuk mengendalikan emosi dalam diri. Teknik melatih pernapasan ketika Anda overload dalam bekerja keras adalah cara yang tepat untuk transisi respon stres Anda menjadi respon relaksasi. “Ketika kita sedang stres, kita benar-benar kurang menghirup oksigen dalam paru-paru kita,” jelas Hall. Jadi, ketika Anda meminta diri Anda untuk bernapas secara mendalam, maka Anda akan  merasa benar-benar disuntikkan energi oksigen menuju otak,hati dan paru-paru. Hal tersebut memberikan sinyal tubuh untuk bersantai/relaksasi. Posen mengatakan : ” Jika Anda bernapas seolah-olah Anda rileks, tubuh Anda akan menjadi benar-benar relax/santai”.

10. Memainkan dan melihat pendulum (Balls Collision)

pendulum

pendulum

Pernah memainkan alat pendulum? Alat yang sangat unik ini biasanya ditempatkan pada meja kerja sebagai hiasan. Bentuknya berupa bola besi  tergelantung pada sebuah senar/tali. Lebih dari sekedar hiasan yang unik dan lucu saat dimainkan, fungsi alat ini sebenarnya mampu membuat Anda tertarik mengamatinya dan mengalihkan energi negatif menjadi lebih relax. Dengan menonton bola yang berayun-ayun dan saling bertumbukan, akan memberikan energi yang positif dan menenangkan pikiran Anda.

11. Olahraga

olahraga rutin

olahraga rutin

“Berolahraga dapat meningkatkan fungsi mental Anda,” jelas Posen. Jadi bukan saja membuat Anda berkeringat, dengan berolahraga Anda akan mendapatkan kejernihan mental. Latihan yang rutin akan membuat kita merasa baik, dan Anda dapat melepas endorfin  dari dalam tubuh, zat kimia yang membuat kita bahagia. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga secara teratur bisa membantu menjaga kadar hormon stres turun pada anak-anak. jadi, jangan ragu untuk selalu mengajak anak-anak, putra-putri Anda turut serta saat Anda berolahraga bersama pasangan ya.

Semoga bermanfaat

[e-SdS]

 

Keywords:

  • cara mengatasi tekanan batin
  • cara menghilangkan tekanan batin
  • tekanan batin
  • mengatasi pikiran tegang
  • cara melampiaskan stres
  • cara melyapkan stres
  • obat stres dan tekanan batin