Menjadi orangtua ideal mungkin idaman setiap pasangan suami istri. Dalam berkomunikasi dengan anak-anak, ada 4 cara bagaimana berkomunikasi yang baik dengan anak. Berikut Sharing Di Sini memberikan beberapa caranya  :

1. Tertarik

Berusahalah untuk selalu tertarik pada semua hal yang dilakukan oleh anak Anda. Anak-anak biasanya akan menceritakan semua hal kepada Anda, meskipun ia kadang tidak mendapatkan respons selayaknya. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan agar anak Anda merasa diperhatikan adalah tatap matanya saat ia menceritakan suatu hal kepada Anda.

2. Ajak bicara

Ada tipe anak yang perlu dipancing saat ia ingin menceritakan sesuatu. Jadi, berusahalah menjadi orangtua yang pandai memancing agar anak-anak Anda bercerita tentang segala hal. Misalnya, Anda bisa mengatakan “tolong ceritakan tentang kegiatanmu di sekolah tadi nak?”

3. Dengarkan

Manusia ditakdirkan untuk berpikir cepat daparipada kemampuan berbicaranya. Dengan kosa kata dan pemilihan kata yang masih terbatas, sabarlah untuk mendengarkan apa yang akan mereka ungkapkan. Jangan sesekali memotong kata-katanya sebelum ia selesai bicara. Hargai pendapatnya.

4. Perhatikan bahasa non verbal

Banyak anak yang justru bisa mengekspresikan pesannya bukan lewat tutur katanya. Mereka mungkin menyertai pesan verbalnya dengan pesan-pesan non verbal, misalnya dengan tekanan suara, ekspresi muka, bahasa tubuh, atau bahkan perubahan tingkah laku. Dalam hal ini orangtua seyogyanya peka terhadap semua itu.