alasan tidak melewatkan sarapan

alasan tidak melewatkan sarapan

Mungkin sebagian orang menganggap sepele untuk tidak sarapan di pagi hari. Terburu-buru berangkat ke tempat aktifitas, tidak sempat menyiapkan sarapan, tidak terbiasa mengisi perut di pagi hari, dll. Namun tahukah Anda bahwa melewatkan sarapan di pagi hari memiliki efek fisiologis dan psikologis negatif yang serius, yang dapat mempengaruhi kemampuan aktifitas Anda menjadi tidak produktif. Sebenarnya, jika Anda tidak sempat  sarapan di rumah, tetaplah sraapan walau hanya dengan sepotong roti, sereal, atau biskuit dan susu. Hal tersebut masih jauh lebih baik daripada sama sekali tidak sarapan. Berikut Sharing di Sini Alasan untuk Tidak Melewatkan Sarapan Pagi Anda.

Pendorong kinerja otak
Rata-rata, otak manusia mengkonsumsi 20% dari pasokan energi tubuh, otak akan mengolah glukosa dalam darah. Demi menjaga agar otak Anda dapat berkonsentrasi dan berfikir, sangat penting untuk sarapan yang bermanfaat membawa energi untuk otak. Jika anda melewatkan sarapan, tubuh Anda tidak akan memiliki nutrisi yang dibutuhkan untuk diolah menjadi glukosa, sehingga otak tidak berfungsi dengan baik. Dampaknya anda akan merasa masih mengantuk di pagi hari, tidak dapat berfikir, tidak konsentrasi, dan tidak bersemangat.

Perut kosong = Menambah berat badan atau bahkan kurang gizi
Gemuruh di perut bukan satu-satunya efek karena tidak sarapan. melewatkan kebiasaan sarapan pagi juga cenderung mengikis kemampuan Anda untuk mengendalikan nafsu makan. Saat waktu berjalan siang, Anda justru memiliki dorongan untuk ngemil tak terkendali, dorongan untuk makan siang lebih banyak dan juga saat makan malam. Aturan Anda dengan menghilangkan sarapan akan memicu metabolisme tubuh Anda menjadi menurun, sehingga mengakibatkan peningkatan penyimpanan lemak. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Dietetic Association juga menemukan bahwa orang yang melewatkan sarapan memiliki nilai asupan nutrisi penting yang secara signifikan lebih rendah yakni seperti asam folat, vitamin C, kalsium, magnesium, besi, kalium, dan serat. Dengan kata lain, orang yang tidak sarapan akan cenderung mudah gemuk dan beresiko kurang gizi (mudah sakit/terserang virus).

Pendorong mood
Tidak makan apa pun di pagi hari (sarapan) benar-benar akan merusak suasana hati Anda menjadi bad mood, mudah emosi dan marah. Banyak penelitian telah menunjukkan korelasi positif antara kadar glukosa darah dan kadar mood seseorang. Sarapan akan membuat Anda lebih bersemangat dalam memulai aktifitas serta menjaga mood anda lebih stabil.

Jadi, jangan pernah melewatkan sarapan Anda ya.. Tidak perlu khawatir menjadi gemuk, sarapan malah akan menjaga pola makan Anda pada jalur yang tepat waktu serta manfaat yang telah diuraikan di atas. [e_SdS]