Ada yang bilang jika ingin melihat kebersihan seluruh rumah, lihat saja kamar mandinya. Kalau kamar mandinya kotor pasti ruangan yang lain tak beda jauh. Begitu juga jika ingin melihat sikap orang akan kebersihan? Lihat saja kuku-kuku jarinya, baik yang di tangan dan kaki. Masak begitu? Ada benarnya juga. Logikanya jika di bagian yang paling gampang dibersihkan saja sudah kotor dan tak terurus, bagaimana di bagian yang lain?

Bisa dipastikan prang yang kukunya panjang berwarna hitam kekuning-kuningan, orang itu tidak peduli akan kebersihan. Jika kuku-kuku bersih dan terawat rapi , kemungkinan besar bagian-bagian lain pun mestinya tak luput dari perhatian sang pemilik.

Padahal kebersihan kuku sangatlah penting bagi kita, selain untuk menjaga keindahan tangan dan kaki juga dapat menjaga kesehatan. Khusus untuk kuku kaki, kebersihan dan kerapihannya juga bisa membuat si pemilik makin percaya diri. Apalagi jika saat menggunakan sepatu terbuka, sepatu sandal atau selop, kaki Anda merupakan salah satu pusat perhatian orang.

Untuk kebersihan sehari-hari guntinglah kuku yang sudah panjang, kuku panjang akan mudah patah dan bisa menyebabkan luka pada bagian pangkal kuku. Jika kaki berkeringat segera cuci dengan sabun untuk menghindari bau yang tidak sedap, selain juga untuk membersihkan kuman yang ada. Jangan biarkan kaki basah, keringkanlah dengan handuk. Sesering mungkin angin-anginkan kaki karena udara segar dan cahaya matahari amat dibutuhkan oleh kaki.

Selain itu Anda perlu memperhatikan tips berikut dalam merawat kuku – kuku Anda versi Sharing Di Sana, yaitu

  • Untuk kuku kering dan mudah patah, rendam dengan air hangat selama 10 menit setiap malam. Olesi dengan minyak zaitun dengan rutin.

 

  • Agar warna kuku cerah dan kuat banyaklah mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan biasakan minum air mineral 6 hingga 8 gelas per hari.
  • Jangan gunakan cairan penghilang kuteks untuk menghilangkan kuteks lebih dari sekali dalam seminggu karena kuku lekas kering dan mudah patah.
  • Setelah mencuci tangan dan kaki dengan sabun, jangan lupa gunakan pelembab karena sabun bisa membuat kuku kering.

 

  • Waktu yang tepat untuk manicure dan pedicure adalah setelah mandi atau setelah mencuci piring
  • Untuk menyempurnakan, perawatan dari dalam juga penting agar kuku tampak sehat karena perawatan dari dalam dapat memancarkan kecantikan yang lebih alami. Caranya makan makanan bernutrisi seperti protein, vitamin dan mineral serta sayur dan buah-buahan. Konsumsi air yang cukup minimal 8 gelas per hari. Jangan lupa imbangi dengan cukup olahraga.