hal-hal yang harus diterapkan jika Anda bekerja dari rumah

hal-hal yang harus diterapkan jika Anda bekerja dari rumah

Pada jaman sekarang, bekerja kantoran tidak hanya duduk di belakang meja kantor saja. Banyak para karyawan, wirausaha maupun tenaga profesional yang berkantor dari rumah. Didukung oleh kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan dalam berkomunikasi, sehingga sangat mungkin untuk menyelesaikan tugas dari rumah senilai bekerja di kantor tanpa harus melangkah ke luar rumah Anda. Nah, sayangnya para tenaga produktif yang berkantor dari rumah terkadang terkendali dengan ketidak disiplinan mereka dalam bekerja seperti dalam mengatur waktu, mengatur strategi apa yang harus dikerjakan hari ini, dll.  Sehingga butuh beberapa saran agar bekerja lebih efektif  di rumah. Berikut Sharing di Sini  10 Hal Yang Harus Diterapkan Jika Anda Bekerja Dari Rumah.

1. Set alarm di pagi hari

set alarm jam

set alarm jam

Meskipun Anda secara teknis hanya berkantor di rumah, namun tidak ada salahnya menyesuaikan jadwal kantoran di luar pada umumnya. Karena kebiasaan bangun pagi tidak ada ruginya, malah menyehatkan untuk Anda.

 

2. Olahraga sebelum memulai aktifitas

menyempatkan berolahraga sebelum beraktifitas

menyempatkan berolahraga sebelum beraktifitas

Karena anda berkantor di rumah, sehingga tak perlu terburu-buru dikejar jam kantor. Lakukan olahraga rutin setiap hari di pagi hari, sebelum Anda memulai aktifitas. Selain menyehatkan tubuh, olahraga di pagi hari bermanfaat memacu semangat kerja Anda.

 

3. Buat jadwal / catatan harian

buat jadwal harian

buat jadwal harian


Bekerja di rumah membutuhkan banyak disiplin diri, terutama perihal peringatan sejumlah gangguan hal-hal sepele yang terjadi pada keseharian di rumah Anda. Sangat mudah sekali bagi Anda untuk meninggalkan tugas “kerjaan kantor” tanpa tekanan eksternal karena bos tidak mengawasi secara langsung.Maka. Anda perlu displin  menuliskan catatam daftar tugas yang harus dikerjakan, tujuan dan waktu untuk hari ini dan ke depan. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda berjalan di jalur yang sesuai, namun juga akan memotivasi diri dan tanggung jawab atas pekerjaan yang Anda jalani.

 

4. Buat aturan ketat: Hindari jejaring sosial dan chatting saat jam kantor

hindari chatting saat jam kantor

hindari chatting saat jam kantor

G-chat, YM, Whatsapp, Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, dll. Semakin banyak situs jejaring sosial dan media chatting menyenangkan yang dapat menghibur Anda setiap waktu, yang notabene semua itu dapat Anda lakukan sembari bekerja menghadap layar komputer. Karena bekerja di rumah tanpa ada tekanan dari bos/cctv,  ketika Anda tidak sengaja melihat profil sesorang di facebook, bisa-bisa Anda menjadi terlena hingga menghabiskan berjam-jam melihat facebook atau meladeni beberapa chattingan di berbagai media tersebut. Nah, sebaiknya disiplin dan buat aturan ketat agar dapat berkonsentrasi kerja. Sebenarnya ada banyak aplikasi dan perangkat lunak tersedia yang secara paksa akan mengeluarkan Anda dari situs tertentu selama porsi waktu yang telah ditentukan. Jika Anda ingin tahu dan Anda tidak berdaya untuk menolak godaan media sosial, silakan temukan di App Store segera.

 

5. Luangkan waktu untuk tidur siang

sempatkan tidur siang

sempatkan tidur siang

Ada banyak bukti bahwa tidur siang singkat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh krena itu, luangkan sedikit waktu di sela pekerjaan kanor Anda di rumah, untuk tidur siang, yakni antara jam 12:00-15:00. Jadi silakan mengatur waktu di sela jam istirahat Anda untuk makan siang secra teratur dan luangkan tidur siang setengah jam.

 

6. Bertemu klien/kolega via Skype

menjaga komunikasi klien via skype

menjaga komunikasi klien via skype

Bekerja di rumah tidak berarti Anda tidak akan pernah bertemu dan berkomunikasi langsung dengan klien dan kolega. Anda dapat melakukan diskusi secara langsung dan bertatap muka dengan menggunakan sarana komunikasi seperti skype. Hal ini akan menghindari kesalahpahaman dan juga tetap mempererat hubungan Anda dengan bos, yang selama ini bagaikan angan-angan.

 

7. Luangkan waktu untuk bertemu, berbicara tatap muka dengan manusia nyata yang setidaknya sekali sehari

bertemu teman selepas jam kantor

bertemu teman selepas jam kantor

Berbicara via chatting selama 12 jam nonstop tidak mengimbangi satu hari berlalu tanpa melihat manusia lain. Menghabiskan komunikasi dengan Telecommuting membuatnya Anda menjadi “pertapa” di dalam rumah. Hanya karena Anda lebih suka bekerja dalam kesendirian tidak berarti kehidupan sosial Anda perlu kehilangan momentum, sehingga  kemampuan Anda untuk berhubungan dengan orang lain menjadi payah. Oleh karena itu, sempatkan sekali keluar rumah untuk bertemu, berbicara dengan orang di sekitar Anda. Misal: keluarga, mengantar anak sekolah, mampir berbelanja di toko, dan keperluan lainnya.

 

8. Setting jam kantor Anda

Atur jam kantor

Atur jam kantor


Ini penting, terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga atau masih tinggal bersama orangtua. Anda perlu memebritahu kepada mereka bahwa Anda bekerja sehari dalam beberapa jam yang tidak boleh diganggu, sama hal nya dengan bekerja di kantor. Atur dan tentukan jam kerja Anda. Hal ini juga penting untuk diberitahukan kepada “si bos” yang posisinya jauh (tidak di samping Anda), sehingga tidak mengharapkan Anda untuk melakukan tugas-tugas di luar jam kantor Anda, misalnya meminta mengecek email di larut malam, dll. Hanya karena Anda memiliki kantor di rumah tidak berarti tidak ada batas antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi Anda.

 

9. Sekali-kali ngantor di luar rumah

sekali tempo ngantor di luar rumah

sekali tempo ngantor di luar rumah

Sangat klise untuk melakukan pekerjaan di kafe, tetapi juga benar bahwa keluar dari rumah akan membantu membersihkan kepala Anda dan menyegarkan perspektif Anda. Anda tidak harus terlalu sentimental tentang hal itu, hanya memahami bahwa jika Anda memiliki kebebasan untuk bekerja di lingkungan yang lebih dinamis dari kantor perusahaan steril, Anda harus menikmati suasana baru yang menyegarkan mood, semangat dan fikiran Anda. Jadi, sekali-kali tidka ada salahnya menyelesaikan pekerjaan di tempat lain selain di rumah. Pilih tempat-tempat dimana Anda merasa nyaman bekerja dan tidak mengganggu konsentrasi Anda. Misalnya: perpustakaan, cafe, dll.

 

10. Mempersiapkan dengan baik dan Menjaga komunikasi dengan klien atau bos agar sesuai tujuan

menjaga dan mempersiapkan teleconference

menjaga dan mempersiapkan teleconference

Salah satu pekerjaan yang paling nyaman dilakukan adalah bekerja dari rumah, karena anda menghemat energi dan biaya untuk pergi ke kantor. Namun, karena Anda memiliki anak di rumah yang membutuhkan perhatian Anda terkdaang ini menjadi kendala saat Anda diharuskan telekonferensi dengan bos / klien kemudian akhirnya, pekerjaan yang seharusnya urgent menjadi tertunda saat Anda disibukkan dengan pekerjaan rumah/mengasuh anak. Untuk itu, persiapkan dengan baik saat Anda harus telekonferensi atau Anda harus bertemu langsung dengan klien.

 

Semoga bermanfaat

[e-SdS]