cara mengatasi cegukan

cara mengatasi cegukan

Cegukan adalah gerakan bawah sadar yang tidak dapat dikontrol manusia, merupakan kontraksi dari otot atau diafragma,yang memisahkan dada dari perut Anda (di dasar paru-paru), menurut Mayo Clinic. Gerakan tersebut disertai dengan penutupan pita suara yang cepat sehingga menimbulkan suara yang khas : ‘hik’.

Cegukan disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya makanan dan minuman yang terlalu pedas atau panas, makanan besar (makanan yang menimbulkan keseretan), minum alkohol, minuman bersoda. The Mayo Clinic juga mencatat beberapa orang mengalami cegukan karena tiba-tiba menjadi bersemangat, menelan terlalu banyak udara, merokok, efek dari operasi perut, asap, kurang minum, kedinginan, stoke atau kanker yang berpengaruh langsung pada otak. Biasanya pada kasus kronis ditandai dengan seringnya muncul cegukan dan berlangsung dalam aktu yang lama.

Dan untuk bayi, menurut The Baby Center cegukan adalah hal yang umum dan wajar (bayi benar-benar mulai cegukan sejak ia berguling-guling di dalam rahim), dpat juga karena kurangnya pemberian  ASI, akibat pemberian susu formula dan makanan lainnya, serta kedinginan.

Tetapi beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa cegukan lebih umum terjadi pada satu jenis kelamin, yakni pria lebih cenderung berpotensi cegukan dan durasi waktu lebih lama dibandingkan perempuan.

Lalu bagaimana mengatasi cegukan? Ada beberapa teknik dan cara yang dapat anda coba, berikut Sharing di Sini beberapa Tips mengatasi cegukan dirangkum dari beberapa sumber.

1. Jahe

Iris jahe tipis-tipis lalu kunyah secara perlahan, cara ini terbukti efektif dalam menghilangkan cegukan dengan segera.

jahe

jahe

 

2. Gula dan cuka

Campurkan gula secukupnya ke dalam satu sendok teh cuka, setelah siap kita bisa langsung meminumnya. Rasa asam yang kuat pada cuka dapat mengatasi gangguan tersebut dalam waktu singkat.

cuka dan gula

cuka dan gula

 

3. Madu dan jeruk nipis

Kita hanya harus mempersiapkan beberapa bahan dasar seperti madu sebanya satu sendok makan, cairan jeruk nipis atau lemon, sedikit jahe dan lada secukupnya. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam wadah dan aduk sampai rata, setelah siap kita bisa langsung meminumnya sedikit demi sedikit. Langkah ini terbukti berkhasiat dalam mengatasi cegukan.

madu dan jeruk nipis

madu dan jeruk nipis

4. Teknik menahan nafas

Tehnik ini bertujuan agar paru-paru lebih terbuka, tarik nafas kuat-kuat melalui hidung dan tahan sampai 10 detik. Keluarkan atau hembuskan secara perlahan-lahan melalui mulut lalu tahan hingga 10 detik. Ulangi tehnik pernafasan di atas sebanyak 5 kali putaran, niscaya cegukan dapat segera teratasi dengan cepat. Yang Anda lakukan dalam kaitannya dengan napas Anda, memungkinkan bahwa Anda  mengganggu impuls saraf dari otak ke diafragma sehingga Anda menghentikan cegukan. menurut Dr Oz.

menahan nafas

5. Minum segelas air

Cara mudah lainnya yang bisa kita coba adalah dengan meminum segelas air. Teknik minum dengan menggunakan sedotan juga diyakini dapat membantu mengatasi cegukan.

minum dengan sedotan

minum dengan sedotan

6. Gula

Siapkan satu sendok teh gula lalu konsumsi secara perlahan, meskipun tergolong sederhana namun cara ini sudah dibuktikan dan digunakan sejak zaman nenek moyang kita.

gula

gula

7. Menjulurkan lidah dan menempelkan diantara bibir
Julurkan lidah, llau tempelkan/jepit diantara bibir atas dan bawah, Anda merangsang bagian dari tenggorokan yang terhubung ke rongga hidung yang disebut nasofaring dan pembukaan antara pita suara, yang dapat memberikan bantuan penghentian cegukan.

menjulurkan lidah

menjulurkan lidah

 

8. Dikagetkan
Sebuah ketakutan kecil bisa bekerja untuk dua alasan. Pertama-tama, kemungkinan untuk mengubah siklus pernapasan Anda, karena terkesiap mendengar bahwa yang baru saja dibuat? Hal ini juga dapat bekerja sebagai gangguan mental, yang bermanfaat  untuk memadamkan cegukan. Ingin bukti? Mintalah seseorang untuk memberi Anda sebuah kejuatan, seperti bunyi terompet, bermain semprotan air,dll, niscaya cegukan Anda akan berhenti karena kaget dengan apa yang terjadi, menurut Discovery Health.

memberi kejutan

memberi kejutan

 

9. Rangsangan fisik
Readers Digest Kanada juga menyarankan meremas/memijat-mijat telapak tangan mampu untuk mengalihkan sistem saraf Anda jauh dari cegukan dengan sensasi nyeri ringan sebagai gantinya. Hal ini dapat dengan cara mencubit diri dapat mengalihkan perhatian atau gigitan nyamuk yang menimbulkan Anda gatal dan menggaruknya.

pijat telapak tangan

pijat telapak tangan

 

10. Hiccup Stick

Saat ini sudah diciptakan Hiccup stick (tongkat cegukan) yang dirancang untuk memungkinkan udara dan air bercampur, dan membuat otot-otot tenggorokan Anda tegang, sehingga dapat membebaskan Anda dari cegukan. Hiccup stick adalah tongkat yang dimasukkan horizontal dalam mulut/digigit, setelah menggigit dan minum segelas air,  cegukan menjengkelkan dengan ajaib akan hilang.

hiccup stick

hiccup stick

Masih banyak cara lain yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan gangguan cegukan. Misalnya pada anak bayi yang sering mengalami cegukan ada mitos yang mengatakan ditempel sebuah kertas, ditiup ubun-ubunnya, diselimuti badannya, dll.  10 Cara mengatasi cegukan di atas merupakan cara yang paling populer digunakan oleh banyak orang. Anda punya tehnik lain yang ampuh mengatasi cegukan? Yuk, Sharing di Sini ya… [e_SdS]

 

 

 

 

 

 

 

 

Keywords:

  • cara mengatasi cegukan
  • mengatasi cegukan
  • hot cara menghilangkan cegukan dalam 5 detik
  • bagian mana harus di pijat saat cegukan