Morning sikness jangan sampai membuat Anda malas sarapan. Ingat kesehatan Anda dan janin!

Enggan sarapan lalu berdalih akan Anda ganti dengan menambah porsi makan siang sungguh tidak benar. Pola makan seperti itu terbukti sama sekali tidak sehat!

Riset yang dilakukan Dr.Mark Pereira bersama timnya dari Harvard Medical School, Amerika Serikat pada oaring dewasa, termasuk wanita hamil, membuktikan besarnya manfaat sarapan bagi kesehatan. Orang yang rutin sarapan justru memiliki kemungkinan kecil (30%) untuk mengalami obesitas ketimbang mereka yang tidak pernah sarapan. Kemungkinan terkena diabetes (kencing manis) serta serangan jantung, juga kecil. Hal ini karena sarapan membantu tubuh menstabilkan kadar gula darah (yang mengatur rasa lapar atau selera makan), serta energy untuk menjalankan proses metabolisme dan berbagai kegiatan sebelum tiba waktu makan siang.

Bagi Anda yang kehilangan selera sarapan, ada beberapa upaya berikut dari Sharing Di Sana bagi Ibu Hamil mungkin dapat membantu

  • Coba alihkan pikiran Anda dengan mengingat serta membayangkan kembali suasana sebuah acara makan yang paling berkesan dalam hidup Anda. Mungkin, saat Anda menikmati candle light dinner bersama pasangan di hari ulang tahun Anda.
  • Nikmatilah sarapan Anda sambil bersantai di tempat tidur.
  • Pilihlah menu yang tinggi karbohidrat, dan makanlah dalam porsi kecil tapi sering. Sarapan berupa olahan sereal bisa menjadi salah satu pilihan.
  • Sedapat mungkin hindari makanan berbumbu pedas dan aromanya merangsang.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Apabila minum susu membuat Anda mual, asupan susu tetap dapat Anda penuhi dalam bentuk lain, seperti pudding agar-agar, es krim, pudding roti, perkedel lapis dan makanan jenis lain yang terbuat dari olahan susu.
  • Konsumsilah bervariasi makanan sebagai alternative jenis-jenis makanan yang terpaksa Anda hindari karena alasan mual.