Persiapan presentasi ke klien penting harus Anda selesaikan malam ini. Saat melewati supermarket, Anda teringat harus membeli buah-buahan untuk bahan jus besok pagi. Dan bukankah besok suami mengundang koleganya makan malam di rumah? Itu artinya Anda juga harus membeli bahan-bahan makanan yang akan diolah agar besok pagi sebagian menunya bisa mulai disiapkan oleh staf rumahtangga Anda.

Seabrek hal harus Anda kerjakan namun sebegitu sempit waktu yang tersedia. Pengelolaan waktu yang cermat dan efisien adalah kuncinya, tentunya dengan bantuan dapur Anda di rumah. Benarkan sebuah dapur mampu mendukung aktivitas kita? Tentu saja, sebuah dapur yang lengkap, bersih dan diatur secara efisien akan memudahkan hidup kita sebagai wanita aktif. Sudahkah Anda memperhatikan sejumlah faktor berikut ini?

Berikut beberapa faktor dari Sharing Di Sana yang perlu diperhatikan dari keberadaan dapur agar dapat menunjang mobilitas Anda sebagai wanita aktif.

Pengaturan Letak

Penataan yang efisien, misalnya letak kompor, bak cuci piring dan lemari dapur yang saling berdekatan akan memudahkan Anda saat memasak. Akses ke ruang makan yang strategis pun akan menghemat waktu untuk menghidangkan makanan. Akan lebih praktis lagi jika dapur Anda memungkinkan untuk dijadikan tempat makan sekeluarga sehari-hari.

Sirkulasi Udara

Dapur sebaiknya memiliki akses ke udara segar dan juga cahaya yang cukup agar uap dan aroma masakan tidak terkunci di dalam rumah. Idealnya, dapur memiliki pintu dan jendela yang lapang hingga udara segar dan cahaya matahari leluasa masuk. Masalah keterbatasan tempat dapat diatasi dengan exhausted fan yang biasanya dijual satu paket dengan kompor.

Perlengkapan Elektronik

Selain kompor, sebuah microwave akan membantu Anda menghangatkan atau memasak makanan dalam waktu singkat. Selain itu, pastikan lemari es Anda selalu bersih dan berfungsi baik agar bahan mentah yang Anda simpan tetap terjaga kesegarannya. Sempitnya waktu di pagi hari sebelum berangkat kerja akan tertanggulangi dengan adanya toaster, juicer atau blender serta coffee maker. Voila! Dalam sekejap sarapan tersedia bagi keluarga tercinta.

Perencanaan

Buatlah menu masakan untuk seminggu dan tempel di kulkas atau lemari dapur agar memudahkan Anda atau staf rumahtangga dalam menentukan pilihan masakan dan membuat daftar belanja. Latihlah staf rumahtangga membuat aneka bumbu dasar untuk disimpan di lemari es, sehingga Anda tak perlu setiap kali membuat bumbu nasi goreng, misalnya atur waktu berbelanja sayur dan buah-buahan seminggu sekali dan sebulan sekali untuk beras, bumbu-bumbu serta perlengkapan pembersih dapur seperti cairan pencuci piring dan cairan pembersih dapur.

Kebersihan

Periksa lemari dapur secara teratur untuk memastikannya bebas dari bakteri, kotoran dan bau. Biasakan staf rumahtangga Anda untuk membersihkan segenap area dapur serta peralatannya secara teratur.