Samsung baru saja merilis smartphone terbarunya Galaxy S4. Samsung Galaxy S4 dikemas dengan layar Full HD Super Amoled berukuran 4.99″ dengan resolusi 1920 x 1080 pixel yang mempunyai kepadatan 441ppi. Layarnya masih menggunakan PenTile matrix.

Versi international Samsung Galaxy S4 dilengkapi dengan chipset Exynos 5 Octa yang memiliki 4 buah Cortex-A15 core berjalan di kecepatan 1.6GHz dan 4 buah Cortex-A7 core berjalan di kecepatan 1.2GHz. Untuk GPU digunakan PowerVR SGX 544MP3. Versi yang lain dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 600 yang memiliki 4 Krait 300 core dan Adreno 320 GPU. Semuanya mempunyai fitur konektivitas LTE dan RAM 2GB.

Pada bagian belakang, terdapat kamera 13 megapixel sedangkan di bagian depan dilengkapi kamera 2.1 megapixel yang dapat digunakan untuk video chat dan fitur sensor mata.

Samsung Galaxy S IV mempunyai bentuk lebih tipis dari Galaxy S III yaitu setebal 7.9 mm. Beratnya yang 130 gram juga lebih ringan daripada Galaxy S III, meskipun mempunyai batere berkapasitas 2600 mAh.

Smartphone terbaru dari Samsung iin terdapat dalam tiga pilihan, yaitu 16GB, 32GB dan 64GB, dan semuanya mempunyai fitur slot microSD yang mampu memuat kapasitas maksimal 64GB.

Seperti HTC One, Samsung Galaxy S 4 dilengkapi Infra Red blaster yang digunakan untuk remote control TV dan berbagai peralatan rumah tangga.

Samsung Galaxy S 4 berjalan di atas sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean dan dilengkapi fitur-fitur software mobile terbaru. Misalnya fitur Sound and Shot, yang dapat menangkap 9 detik video klip dengan suara (mirip HTC Zoe). Drama Shot, fitur untuk menangkap beberapa jepretan foto dan menggabungkannya dalam satu foto. Cinema Photo  adalah fitur lain yang mirip Cinemagraph pada Nokia yang memungkinkan pengguna membuat animasi video GIF. Fitur yang menarik lainnya adalah kita dapat menghapus objek dari sebuah gambar dan merekam video secara bersamaan menggunakan kamera depan dan belakang dengan resolusi 1080 pixel.

Samsung memasukkan software S Translator yang digunakan untuk email dan ChatON. Software ini dapat menerjemahkan beberapa macam bahasa seperti sebuah kamus elektronik.

Fitur Smart Pause dapat digunakan untuk menghentikan video yang sedang ditonton ketika kamera mendeteksi mata kita tidak ada di depan layar. Sedangkan Smart Scroll adalah fitur yang digunakan untuk menggulung layar website  (scroll) dengan cara menggoyangkan smartphone sambil mata menatap ke layar.

Fitur Health and Wellness adalah salah satu fitur baru yang dibawa Samsung Galaxy S 4 dan terintegrasi dalam paket TouchWiz. Selain itu ada juga aplikasi S Health yang dapat mengukur langkah kaki, kalori, temperatur udara, kelembaban, dll. S Health ini membutuhkan asesoris tambahan bernama S Band dan Heart Rate monitor.

Samsung Galaxy S 4 akan mulai dijual bulan April dalam dua warna – White Frost dan Black Mist, namun harganya belum dirilis oleh pihak Samsung.