faktor yang memepngaruhi ukuran dan bentuk payudara wanita

faktor yang memepngaruhi ukuran dan bentuk payudara wanita

Berdasarkan hasil survei  sebuah produsen bra membuktikan bahwa 42% wanita memiliki payudara berukuran cup B. Namun, ini tidak lantas membuat mereka mengambil langkah-langkah lain untuk menjadi normal. Oleh karena itu, survei ini juga membuktikan bahwa 58% wanita tidak mengenakan bra cup B, yakni ukuran standar. Jadi, apakah yang menentukan bentuk dan ukuran payudara seorang wanita? Berikut Sharing di Sini Faktor-faktor yang mempengaruhi ukuran payudara wanita:
1. Genetika
Ukuran dan bentuk ukuran payudara memang tidak sepenuhnya tergantung pada faktor genetik. Namun, genetika merupakan faktor utama dalam menentukan ukuran dan bentuk payudara. Biasanya ditentukan dari ukuran payudara ibu, tapi juga tidak semua anak perempuan memiliki payudara dengan ukuran sama persis dengan ibunya, karena faktor-faktor lain juga ikut berpengaruh. Namun, biasanya jika ibu Anda memiliki payudara yang besar, Anda juga akan mewarisi bentuk/ukuran yang tidak jauh berbeda.

2. Hormon
Saat proses perkembangan payudara wanita, estrogen merupakan hormon yang paling berpengaruh. Selain estrogen, hormon lainnya juga berperan yakni progesteron, prolaktin, dan hormon pertumbuhan. semua bekerja sama untuk pertumbuhan payudara, terutama ketika masa puber. Keempat jenis hormon tyersebut juga berpengaruh pada keberhasilan ASI yang dihasilkan oleh seorang ibu

3. Ras
Salah satu faktor yang mementukan bentuk dan ukuran payudara adalah ras/etnis. Wanita Asia memiliki payudara yang umumnya lebih kecil dibanding wanita Eropa. Namun, etnis bukan sebuah patokan untuk menentukan ukuran payudara. Banyak wanita berpayudara kecil dan besar dalam berbagai etnis.

4. Ukuran tubuh
Bentuk/ukuran tubuh juga menentukan ukuran dan bentuk payudara. Bentuk tubuh yang besar/ gemuk umumnya juga memiliki bentuk payudara yang lebih besar. Oleh karena itu, tidak jarang ketika orang diet untuk menjadi kurus, ukuran dan bentuk payudaranya pun ikut menyusut.

5. Berat Badan
Perubahan berat badan secara keseluruhan juga akan mengubah ukuran payudara, perubahan ini umumnya reversibel, artinya masih bisa kembali ke ukuran aslinya.

6. Gizi
Menurut penelitian, ukuran payudara rata-rata dari 34b sampai 34c berevolusi selama beberapa dekade terakhir. Peningkatan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk gizi yang lebih baik. mengonsumsi makanan sehat, yakni makan lebih banyak sayuran akan meningkatkan ukuran payudara daripada makan daging. Beberapa makanan mengandung zat tertentu yang dapat meningkatkan ukuran payudara seperti kedelai, akar ginseng, dandelion dan  biji adas.

7. Menstruasi
Ukuran payudara akan sedikit berubah selama menjelang dan siklus menstruasi. Perubahan dalam ukuran payudara biasanya disertai oleh perubahan puting dan bentuk areola. Payudara akan lebih berisi, kencang dan terasa nyeri.

8. Kehamilan
Ketika wanita hamil, bukan saja bagian rahim yang mengembang dengan adanya janin yang tumbuh. namun juga mengalami perubahan dalam ukuran payudara. Hormon estrogen menstimulasi perkembangan sistem saluran serta pasokan darah di payudara. Kadar estrogen yang tinggi selama kehamilan juga mempengaruhi retensi air, penumpukan lemak dibawah kulit. peningkatan volume payudara pada wanita hamil ini akan sangat terlihat pada saat wanita mengalami hamil pertama, perubahan dari seorang gadis menjadi seorang ibu.

9. Menyusui

Saat wanita menyusui, biasanya terjadi peningkatan volume payudara. Makanan bergizi yang dikonsumsi oleh wanita menyusui akan diubah hormon estrogen menjadi (ASI) yang dihisap oleh si bayi. Oleh karenanya, wanita menyusui cenderung memiliki ukuran payudara yang lebih besar.

10. Penyakit
Beberapa penyakit bisa mempengaruhi ukuran payudara menjadi lebih kecil atau bahkan lebih besar. Untuk mengetahui perkembangan payudara wanita ada skala yang disebut skala Tanner.

11. Usia
Payudara merupakan organ yang sangat dinamis dari tubuh manusia, hal ini berarti perubahan terus-menerus dalam ukuran selama hidup orang tersebut. Para remaja yang baru memasuki masa pubertas cenderung  memiliki payudara kecil, tapi akan tumbuh membesar seiring pertambahan usia. Jika sejak usia muda sudah menggunakan bra yang tepat, payudara akan tumbuh dengan baik.Sebaliknya, jika mengenakan bra dengan ukuran terlalu kecil/kebesaran, maka otot ligamen pada area payudara dapat  kehilangan kekuatannya sehingga membuat payudara turun dan mengurangi ukurannya.

12. Olahraga

Olahraga secara teratur dapat mempengaruhi ukuran dan bentuk payudara. Salah satunya jenis latihan yang bekerja langsung terhadap otot dada, yakni jaringan yang mendasari bentuk payudara dan membantu mengencangkan payudara. Selain latihan di seputar otot dada, yoga dan terapi Ayurvedic juga dapat membentuk dan mempengaruhi ukuran payudara.[e_SdS]

 

berbagai sumber

Keywords:

  • faktor penyebab payudara besar
  • penyebab payudara besar
  • kumpulan faktor penyebab payudara membesar
  • penyebab payudara membesar
  • ukuran payudara normal berdasarkan usia
  • kumpulan penyebab payudara membesar
  • faktor payudara membesar
  • payudara 34b
  • ibugemukpayudaragedemenyusui
  • susu gadis