pumpkin

pumpkin

Dalam masyarakat kita, labu kuning (waluh) lebih sering diolah menjadi kolak atau ada juga yang mencampurkannya sebagai bahan sayur dan camilan.  Labu yang terkenal sebagai simbol hallowen ini, ternyata memiliki nilai gizi yang sangat penting. Jadi, tidak ada salahnya jika anda mengonsumsi sesering mungkin. Nutrisi yang ditemukan dalam labu kuning mencegah dan meringankan penyakit seperti kanker, peradangan, batu ginjal, depresi, keluhan kulit dan infeksi parasit. Apa saja detail kandungan gizinya? Berikut Sharing di Sini kandungan dan kasiat labu kuning.

1. Vitamin A  (Alpha dan beta karoten)

adalah jenis antioksidan kelas karotenoid yang mengkonversi menjadi vitamin A yang dapat digunakan dalam tubuh. Beta-karoten adalah anti-inflamasi dan membantu untuk membalikkan kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Alpha karoten menghambat pertumbuhan tumor, memperlambat penuaan dan melindungi terhadap katarak. Selain itu, karotenoid mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Vitamin C

Vitamin C menyeimbangkan kadar kolesterol, menangkal  radikal bebas dan mendorong produksi kolagen. Hal ini juga membentengi tubuh terhadap kanker dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

3. Magnesium

Labu kuning sangat kaya akan magnesium, sedangkan biji labu baik untuk pasokan mineral penting yang diantaranya diperlukan dalam kesehatan gigi dan tulang. Selain itu magnesium juga berperan penting dalam  kekebalan tubuh dan fungsi jantung.

4. Vitamin E

Sebagai antioksidan penting, vitamin E memberikan kontribusi untuk kesehatan kulit dan menawarkan perlindungan terhadap penyakit Alzheimer serta bebrapa  jenis kanker. Biji labu berkasiat sebagai pemasok vitamin E dalam berbagai bentuk termasuk alpha-tokoferol, gamma-tocopherol, delta-tokoferol, alpha dan gamma-tocomonoenol-tocomonoenol.

5. Serat

Labu merupakan sumber serat, mengandung lima gram per setengah cangkir porsi. Asupan serat yang cukup, membantu untuk melindungi terhadap penyakit jantung, membantu dalam penurunan berat badan, mendukung pencernaan yang sehat dan menyeimbangkan kadar gula darah.

6. Asam pantotenat

Asam pantotenat atau dikenal sebagai vitamin B5, nutrisinya membantu tubuh untuk mengelola stres dan menormalkan hormon.

7. Potassium, Kalium dan seng

Daging buah labu kuning kaya kalium dan potasium yang meningkatkan kesehatan jantung serta menormalkan tekanan darah yang tinggi (hipertensi). Kandungan Seng bermanfaat untuk kekebalan tubuh dan system reproduksi, kandungan seng ditemukan banyak pada bagian biji labu.

8. L-tryptophan

Kandungan L tryptophan dalam labu mencegah depresi dan mendorong otak untuk berfikir lebih jernih.

9.  Asam amino dan tinggi protein

Labu juga  bersifat anti-parasit dan diuretik alami. Selain itu, batu ginjal dapat dihindari dengan mengkonsumsi 5-10 gram biji labu per hari. Nilai protein labu kuning ini sangat tinggi yakni 7 gr per 1 ons biji labu kuning.

Nah, ternyata banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat untuk kebaikan tubuh kita ya. Campurkan labu kuning, haluskan bersama yogurt, oatmeal, bubur, sayur labu kuning atau kreasikan labu kuning dalam kudapan yang lezat dan menarik lainnya.  Jangan buang bijinya, karena bijinya pun bermanfaat untuk kesehatan. [e_SdS]

 

 

 

 

healthyjournal

Keywords:

  • labu
  • manfaat pumpkin
  • gambar labu