Memiliki keterampilan saja tidak cukup. Pribadi kita pun harus tangguh, tak mudah menyerah sebelum tercapai keinginan. Anda memilikinya? Jika masih kurang, lengkapilah, karena pribadi yang tangguh merupakan unsur penentu dalam meraih kesuksesan di berbagai bidang.

Sharing Di Sana akan memberikan gambaran dari orang yang berkepribadian tangguh. Kita mungkin bisa bercermin darinya, yaitu

 1. Berpikir Positif

Orang yang berpribadi tangguh selalu menyadari bahwa hidup di dunia hanya satu kali. Sehingga ia benar-benar memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan berorientasi kepada keberhasilan. Kendala apa pun yang dialami akan dihadapinya dengan optimis dan tak mudah menyerah.

 2. Bermotivasi Tinggi

Motivasi tinggi diperlukan agar seseorang berorientasi pada keberhasilan. Setiap kali mengalami kegagalan, ia tak akan mudah putus asa, Sebaliknya, kegagalan itu justru dijadikan pembelajaran atau cambuk agar kesalahan yang sama tak terulang lagi.

Pribadi yang tangguh mampu menumbuhkan motivasi berprestasi tinggi atau dikenal sebagai need for achievement. Persaingan memerlukan ketangguhan dan keuletan dalam menghadapinya. Untuk menciptakan motivasi, tumbuhkan keinginan “menjadi seseorang” dan “menjadi bagian” dari sesuatu, lengkapi pula dengan kemampuan beradaptasi.

3. Percaya Diri

Percaya diri, sikap yang mandiri, tak gentar menghadapi rintangan, mampu berpikir kreatif dan bertindak inovatif tapi juga peduli dengan lingkungan, diperlukan sebagai bekal untuk menjalani kehidupan yang semakin kompetitif.

4.  Produktif

Selalu produktif dan mampu memberi kontribusi positif baik bagi dirinya, maupun bagi keluarga, lingkungan kerja dan masyarakat sekitar. Mereka adalah SDM profesional yang cakap dalam bidangnya, sanggup menghadapi berbagai kendala, dan mempu menjadi teladan menuju keberhasilan. Lebih-lebih saat persaingan makin tajam dan ketat. Sekarang masalah ketangguhan menjadi harapan utama untuk survive dan menenangkan persaingan dalam segala hal.