Depresi adalah masalah yang dialami oleh banyak orang di berbagai usia dan kelas sosial. Jumlah perbandingan orang depresi wanita lebih banyak dua kali  dibandingkan pria, tetapi pria lebih cenderung mudah untuk bunuh diri jika sudah merasa depresi. Depresi dapat disebabkan oleh  banyak masalah/peristiwa dalam hidup seperti perceraian, kematian orang yang dicintai, pindah rumah, kehilangan pekerjaan, penyakit parah, serta efek dari obat-obatan dan lainnya.

depresi

depresi

Sebagai penyakit serius yang mempengaruhi jiwa dan tubuh, depresi tidak boleh dianggap remeh. Depresi lansia rentan terhadap lupa, mudah bingung dan bahkan kematian akibat serangan jantung. Namun, kabar baiknya adalah bahwa depresi dapat dikelola dengan baik jika Anda tahu tanda-tanda. Nah berikut Sharing di Sini tanda-tanda depresi dan gejala umum depresi.

  1. Merasa sedih, cemas
  2. Rasa putus asa dan pesimisme
  3. Rasa bersalah, tidak berharga dan tidak berdaya
  4. Kehilangan minat atau kesenangan dalam hobi atau kegiatan yang sebelumnya disukai
  5. Energi rendah, kelelahan, lamban
  6. Kesulitan berkonsentrasi dan mengingat
  7. Kesulitan tidur (insomnia) atau tidur berlebihan (hipersomnia)
  8. Masalah makan atau makan rakus (menjadi kurus atau kelebihan berat badan)
  9. Gelisah dan mudah marah
  10. Gejala-gejala fisik yang tidak berkurang dengan obat-obatan seperti sakit kepala, masalah pencernaan (sembelit, diare, dll), dan sakit kronis.
  11. Berpikir tentang kematian atau bunuh diri
  12. Kadang-kadang terbawa perasaan hingga merasa berat di tangan dan kaki

Jika Anda mengalami beberapa gejala di atas yang mengganggu kehidupan Anda, berbicara dengan dokter Anda. Dokter ahli kejiwaan dapat mengetahui apakah Anda sudah terkena depresi dan akan memberikan solusi untuk penanganannya.

 
Teh Hijau Mengurangi Depresi

green tea

green tea

Ada banyak manfaat minum teh hijau. Selain sebagai anti kanker yang kuat, teh hijau bersifat antibiotik yang efektif, membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengikis kolesterol, dan juga teh hijau berkasiat membantu mengatasi depresi.

Untuk menjaga  kesehatan orang tua atau nenek/kakek Anda yang lanjut usia, sangat baik memberikan teh hijau sebagai suvenir. Penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang sering mengonsumsi teh hijau lebih jarang mengalami perasaan sedih dan kesepian yang dapat menyebabkan depresi. Manfaat teh hijau dalam menurunkan kadar masalah-masalah psikologis telah dinyatakan oleh banyak data dan literatur.

Teh hijau mengandung asam amino thenine, dipercaya memiliki efek menenangkan otak. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa para lansia yang rutin minum teh hijau empat cangkir atau lebih per hari lebih jarang mengalami depresi. Sebagai perbandingan, minuman yang populer lain, seperti teh hitam atau kopi tidak memiliki manfaat serupa, manfaat teh hijau dapat mengurangi depresi lebih efektif.[e_SdS]

 

 

healthy journal