Perusahaan mikroprosesor NVidia memperkenalkan mobile prosesor terbaru bernama NVidia Tegra 4i.  Prosesor ini sudah terintegrasi dengan fitur 4G LTE yang mempunyai transfer data lebih cepat.

“NVidia pertama kali menciptakan prosesor yang memiliki fungsi-fungsi terintegrasi dalam satu prosesor, ” kata Senior Vice President Bisnis Mobile Nvidia, Phil Carmack.

NVidia Tegra 4i sebelumnya mempunyai nama “Project Grey” yang memiliki 60 core GPU dan dilengkapi dengan modem NVidia i500 LTE di dalamnya.

“ARM dan NVidia bekerja bersama untuk mengoptimalkan kinerja prosesor Cortex-A9 dalam hal streaming dan responsivitas,” kata Executive Vice President dan General Manager divisi prosesor ARM, Tom Cronk.

Core CPU yang digunakan selalu diadopsi dari Cortex0R4 ARM A9 CPU, ditambah konsumsi batere yang efisien. Sebagai hasilnya, daya yang dibutuhkan juga efisien, berukuran kecil, prosesor mobile berkinerja tinggi yang sebelumnya hanya terdapat dalam telepon-telepon mahal. Demikian dikemukakan NVidia dalam website resminya.

Selain Tegra 4i, NVidia juga memperkenalkan “Phoenix”, turunan prosesor mobile Tegra berplatform 4i. Dengan Phoenix, NVidia akan menghasilkan teknologi mobile yang unik.

NVidia Tegra 4i akan dipamerkan di Mobile World Congress 2013  Barcelona pada tanggal 25-28 February 2013.

Sumber: I am Plugged