gigi sehat dan kuat

gigi sehat dan kuat

Beberapa jenis makanan ada yang memiliki peran penting untuk memperkuat gusi dan gigi. Mencegah karies gigi dan membuat anda tersenyum dengan gigi putih bersih. Apa sajakah makanan tersebut? Berikut Sharing di Sini Makanan yang membantu memperkuat dan menyehatkan gigi.
1. Makanan Pelindung

Mengapa dikatakan sebagai makanan pelindung? Karena beberapa komponen didalam makanan tersebut dapat membantu mengurangi karies gigi (Cariostatic). Makanan tersebut adalah makanan yang mengandung kalsium dan fosfor. Misalnya, produk kacang. Hanya saja harus dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, sehingga makanan tersebut dpaat mengurangi asam yang dihasilkan oleh bakteri di mulut dan membentuk lapisan pelindung pada enamel gigi.

2. Gandum Utuh dan Biji-bijian
Gandum utuh dan biji-bijian seperti jagung, oatmeal, biji rami lebih baik daripada gandum dan biji-bijian olahan seperti mie, pasta, biskuit dan produk roti lainnya dari tepung putih yang telah diolah. Makanan olahan gandum mengandung tepung dan gula merupakan karbohidrat yang difermentasi menjadi penyebab utama berkontribusi terhadap pembentukan asam di rongga mulut.

3. Buah dan Sayuran
Buah-buahan dan sayuran mengandung serat, sehingga memerlukan beberapa kali untuk mengunyah dan memproses di dalam mulut. Hal ini berpengaruh pada peningkatan produksi air liur untuk melindungi rongga mulut. Khususnya adalah sayuran hijau yang kaya vitamin A dan protein yang menjaga tulang dan gigi selalu dalam kondisi baik.

4. Susu dan produk turunan susu
Susu merupakan sumber kalsium yang penting untuk kesehatan gigi dan tulang Anda. Dianjurkan untuk minum setidaknya 250-500 ml susu per hari. Untuk usia yang sudah melewati masa pertumbuhan (orang dewasa), susu rendah lemak lebih baik, mengingat konsumsi susu (lemak) yang dapat meningkatkan kelebihan kolesterol dalam darah.

5. Daging, Ikan, Unggas dan Telur
Daging kaya akan protein, zat besi dan vitamin B12. Menurut pedoman piramida makanan oleh Organisasi Kesehatan Dunia, orang dewasa harus makan 2-3 porsi daging per hari (masing-masing sekitar 110 gram). Selain daging, vegetarian dapat memilih alternatif seperti tahu, kacang-kacangan, lentil, biji-bijian dan sayuran lain yang kaya protein, karena baik untuk kesehatan gigi dan gusi Anda. [e_SdS]

Keywords:

  • cara kuatkan gigi
  • petua kuatkan gigi