beef steak

beef steak

Ibu hamil sudah selayaknya menjaga pola makanannya demi menjaga kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya. Makanan sehat yang dibutuhkan oleh ibu hamil berfungsi untuk mencegah penyakit dan infeksi selama kehamilan. Kesehatan harus dijaga, karena asupan makanan dapat mempengaruhi perkembangan janin.

Ada beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh salmonella, toksoplasmosis, listeria, E.coli yang dapat membahayakan bayi selama kehamilan. Berikut Sharing di Sini makanan yang harus dihindari selama kehamilan:

Daging mentah / setengah matang

Lebih baik menghindari daging mentah atau setengah matang, untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh bakteri E Coli dan toksoplasmatosis. Sushi adalah salah satu contoh makanan yang mengandung daging mentah. Steak dan sate juga biasanya menggunakan daging menjelang matang. Bagi anda yang suka makanan tersebut ketika sedang hamil, sebaiknya berhati-hati, hindari makanan-makanan tersebut setidaknya untuk kelancaran kehamilan Anda yang sehat.

Sayuran mentah

Selama kehamilan, hati-hati saat mengonsumsi sayuran mentah. Sebaiknya sayur dan buah di cuci dengan sabun khusus sayur dan buah dan di bilas dengan air. Untuk lebih amannya, selama kehamilan lebih baik makan sayuran matang. Sayuran mentah selain rawan sisa pestisida juga rawan akan kotoran hewan/virus toksoplasma.

Makanan yang mengandung salmonella
Jika anda menyukai daging ayam, dan telur ayam, sebaiknya harus dimasak sampai benar-benar matang. Daging ayam mentah dan setengah matang rawan mengandung salmonella. Jika sampai terkena bakteri ini, akan mengakibatkan diare berat pada ibu hamil.

Batasi gula dan garam
Mengkonsumsi banyak garam dan gula dapat menyebabkan komplikasi di dalam rahim, karena penyakit-penyakit seperti hipertensi, diabetes, jantung dll. Oleh karena itu, jangan terlalu berlebihan mengonsumi garam dan gula.

Minuman yang mengandung kafein
Batasi konsumsi kopi, teh, cokelat, dan makanan mengandung kafein lainnya. Kafein dapat mengurangi penyerapan zat besi. Padahal zat besi sangat penting bagi ibu hamil, dan tidak boleh sampai kekurangan zat besi/darah, karena akan membahayakan keselamatan jiwa ibu dan janinnya.

Obat-obatan
Ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat sembarangan, karena ada beberapa obat yang tidak aman bagi janin. Minum obat apapun dapat menyebabkan cacat atau gangguan pertumbuhan janin. Idealnya wanita hamil hanya harus mengambil obat di bawah pengawasan medis/dokter kandungan.  [e_SdS]

Keywords:

  • penyebab bayi besar dalam kandungan
  • makanan yang membuat janin besar didalam kandungan
  • tips agar bayi tidak besar dalam kandungan
  • agar janin tidak terlalu besar
  • makanan yang membuat janin besar dalam kandungan
  • penyebab janin besar
  • tips agar janin tidak terlalu besar dalam kandungan
  • makanan dan minuman yang membuat janin besar
  • penyebab bayi besar
  • penyebab janin besar dalam kandungan