Menginginkan anak cerdas tidak cukup hanya mengandalkan berharap dan berharap saja. Anda pun perlu berperan aktif untuk memberikan rangsangan yang tepat bagi si kecil. Terutama sejak si buah hati terlahir ke dunia ini, hingga usia lima tahun. Berikut Sharing Di Sana akan berbagi mengenai sejumlah cara yang disarankan  untuk menstimulasi otak anak.

Bagi ibu yang bekerja tunda untuk kembali bekerja

Saran dari pakar untuk ibu bekerja sebaiknya tunda selama mungkin untuk kembali bekerja. Atau Anda bisa mengambil jatah cuti Anda mendekati hari lahir bayi Anda, sehingga waktu di rumah bersama bayi Anda akan lebih lama. Mengapa demikian? Karena tahun pertama pertumbuhan bayi merupakan saat penting membangun ikatan dan proses kasih sayang antara bayi dan orang tuanya, terutama ibunya. Jika Ayah atau Ibunya di rumah selama satu tahun itu, bayi Anda akan merasa nyaman dengan Anda dan siapa pun. Jika orang tua bekerja semua, sebisa mungkin ketika Anda pulang bekerja, anak Anda sudah dalam pengasuhan Anda.

Beri ASI selama mungkin

ASI mengandung semua kebutuhan bayi untuk mengembangkan otak dan sistem syaraf. Juga memberikan kekebalan terhadap infeksi virus maupun baktei. Bahkan menurut sebuah penelitian, bayi yang disusui memiliki kecerdasan lebih dibanding bayi yang tidak diberi ASI. Sebaiknya para ibu memeberikan ASInya sampai anak berusia 2 tahun dan ASI full dari usia 0 – 6 bulan.

Bawa bayi bersama Anda kemana pun Anda pergi, bila memungkinkan

Gerakan fisik ke belakang dan ke depan saat Anda berjalan, dan condong ke depan merangsang bagian otak bayi untuk keseimbangan dan posisi tubuh. Bayi yang digendong biasanya berjalan lebih cepat daripada yang tidak. Makanya tidak heran, jika mengajak ibu yang sedang menyusui bayinya pergi jauh, mau tidak mau harus mengajak keduanya.

Berikan sentuhan kapan pun memungkinkan

Mengapa perlu diberikan sering diberikan sentuhan kapan pun, karena sentuhan merupakan cara yang bagus untuk menstimulasi otak bayi Anda.

Tanggap terhadap apa yang dibutuhkannya

Ketika bayi menangis, dia sedang mengkomunikasikan bahwa dirinya butuh kenyamanan, makanan, atau ganti popok. Dengan mersepons kebutuhannya, bayi Anda belajar bahwa ayah dan ibunya bisa diandalkan.

Bacakan cerita dan nyanyikan lagu

Bahasa dan musik merupakan cara bagus untuk merangsang pertumbuhan bayi.

Nah, itulah beberapa cara untuk menstimulasi otak bayi Anda. Intinya semakin lama Anda meluangkan waktu bersama bayi Anda dan berinteraksi dengannya, semakin Anda membantu menstimulasi dan memperkuat ikatan otak bayi Anda.