kayu manis

kayu manis

[Sharing di Sini] — Kayu manis merupakan ramuan kuno yang masih sedang digunakan oleh banyak budaya saat ini. Kayu manis (Cinnamomum zeylanicum), berasal dari Sri Lanka. Mesir kuno menggunakan kayu manis dalam proses pengawetan mayat. Beberapa spesies kayu manis yang dijual dipasaran diantaranya :

  • Cinnamomum verum (True cinnamon, Sri Lanka cinnamon atau Ceylon cinnamon).
  • C. burmannii (Korintje atau Indonesian cinnamon).
  • C. loureiroi (Saigon cinnamon atau Vietnamese cinnamon).
  • C. aromaticum (Cassia atau Chinese cinnamon).

Kayu manis secara keseluruhan, kita menawarkan banyak manfaat kesehatan yang sulit untuk diabaikan. Cinnamon memiliki sejarah panjang baik sebagai rempah-rempah dan sebagai obat. Berikut ini beberapa Manfaat kayu manis:

Mengontrol Gula Darah

Sejauh salah satu manfaat kesehatan yang paling dikenal kayu manis adalah kemampuannya untuk mengatur gula darah kita. Kayu manis secara signifikan dapat membantu orang dengan diabetes tipe 2, meningkatkan kemampuan mereka untuk merespon insulin, sehingga normalisasi kadar gula darah mereka.

Meningkatkan Fungsi Otak

Tidak hanya meningkatkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan gula darah, tapi dengan hanya mencium aroma harum kayu manis berkasiat meningkatkan aktifitas otak. Pada sebuah studi proses kognitif terjadi setelah mencium bau kayu manis peserta studi meningkat nilainya pada kemampuan otak yang berkaitan dengan perhatian, pengakuan memori virtual, memori kerja, dan kecepatan visual motorik saat bekerja pada sebuah program berbasis komputer.

Anti Inflamasi

Cinnamal dehyde (juga disebut aldehida sinamat) telah baik diteliti untuk efek pada trombosit darah. Trombosit adalah konstituen darah yang bertujuan untuk menggumpal dalam keadaan darurat (seperti luka fisik) sebagai cara untuk menghentikan pendarahan, tetapi dalam keadaan normal, mereka dapat membuat aliran darah tidak memadai jika mereka mengumpul terlalu banyak. The cinnaldehyde dalam kayu manis membantu mencegah penggumpalan darah yang tidak diinginkan dari trombosit. Kemampuan kayumanis/cinnamon untuk menurunkan pelepasan asam arakidonat dari membran sel juga menempatkan dalam kategori makanan yang “anti-inflamasi” yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan.

Anti Mikroba

Minyak esensial kayu manis juga memenuhi syarat sebagai makanan “anti mikroba”, dan kayu manis telah terbukti kemampuannya untuk membantu menghentikan pertumbuhan bakteri serta jamur, termasuk Candida ragi umumnya bermasalah.

Manfaat lainnya

Selain minyak esensial yang unik, kayu manis merupakan sumber yang sangat baik dari mineral mangan, kalsium dan serat. Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung. [e-SdS]