beet root

beet root

[Sharing di Sana] — Buah bit (beet root) adalah buat yang berbentuk umbi, berbentuk seperti bengkuang, hanya saja berwarna merah, hingga daging dalamnya pun berwarna merah. Buah bit mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B1, B2, B6,  sodium, kalsium, klorin, tembaga, magnesium, mangan, kalium, yodium, fosfor, sulfur dan bioflavonoid, asam folat, biotin, niacin dan kaya serat. Nah, bagaimana dengan manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita? Berikut ini Manfaat gizi buah bit.

1. Baik untuk kulit dan anti penuaan
Jumlah anti-oksidan yang tinggi dan sangat aktif ditemukan dalam buah bit yang mampu mencegah  kerusakan sel kulit dengan menlenyapkan zat berbahaya, radikal bebas yang merusak serta anti penuaan.

2. Melancarkan Metabolisme
Jus buah bit membantu memeperlancar metabolisme dan jika dikonsumsi secara rutin akan merawat kesehatan pencernaan. Selain membantu proses mencerna makanan, jus bit murni juga merangsang saraf dalam usus. Untuk orang yang memiliki hypochlorhydria (tingkat abnormal rendah asam lambung), disarankan untuk minum jus bit, karena membantu dalam meningkatkan keasaman perut.

3. Baik untuk kesehatan sel darah merah
Jus bit membantu terbentuknya darah merah yang sehat. Sel darah merah sehat mampu membawa oksigen jauh lebih banyak daripada sel darah merah yang tidak cukup sehat. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang minum jus bit secara teratur, dapat berolahraga dalam durasi waktu lebih lama karena mereka tidak menggunakan oksigen dalam tubuhnya lebih banyak, dengan meminum jus bit segar akan mampu berfungsi lebih lama menyimpan oksigen selama periode latihan.

4. Peradangan
Jus buah bit membantu dalam memerangi berbagai jenis penyakit inflamasi. Jika Anda menderita peradangan, ada baiknya anda memasukkan menu harian anda dengan jus buah bit.

5. Fungsi otak dan neurologis
Dengan minum jus bit, akan meningkatkan aliran darah ke otak Anda. Peningkatan aliran darah ke otak sangat penting pada orang tua (manula). Dengan mengonsumsi buah bit secara rutin akan membantu memperlambat resiko demensia. Selain itu, jus bit juga meningkatkan berbagai aspek mental / fungsi kognitif.

6. Anti-Kanker
Selain kaya antioksidan, buah bit mampu berperan sebagai pencegah kanker. Faktor antioksidan berasal terutama dari jumlah konten betalains dan vitamin C yang ditemukan dalam buah bit. Kedua senyawa ini bekerja untuk membersihkan radikal bebas berbahaya dari dalam tubuh, sehingga zat-zat radikal beracun tidak lagi mampu menyerang dinding sel, atau menyebabkan kerusakan seperti mutasi/menghancurkan yang dapat menyebabkan kanker. Banyak studi menunjukkan bahwa jus bit dapat digunakan untuk mengalahkan sel kanker dengan sistem mogok tumor. Karena efek detoks yang cukup ampuh dalam pencegahan kanker, terutama usus besar. Fitokimia dalam jus membantu menghilangkan karsinogen dari tubuh Anda. Karsinogen adalah zat-zat dalam tubuh, yang terlibat langsung dalam perkembangan kanker, sehingga jus bit sangat bermanfaat dalam pencegahan kanker.

7. Kandung kemih & batu ginjal
Penelitian telah menunjukkan bahwa betacyanine dan serat yang ditemukan dalam bit, berguna dalam kesehatan kandung kemih dan mencegah batu ginjal. Selain membilas kandung kemih dan memecah batu ginjal, betasianin dan serat akan membantu mencegah regenerasi batu ginjal kedepannya.

8. Energi
Jus bit mengandung banyak karbohidrat/gula alami yang mudah dipecah oleh tubuh dan membuatnya menjadi sumber energi yang luar biasa. Bit juga kaya zat besi yang akan meningkatkan energi Anda dan menambah darah dan mencegah anemia. Tunas hijau atau daun bit mengandung kadar besi tinggi daripada bayam.

9. Menurunkan kolesterol

Jumlah serat yang tinggi pada buah bit membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

10. Menormalkan tekanan darah

Kandungan nitrat yang terkandung dalam jus bit telah terbukti bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi/hipertensi. Hal ini dikenal sebagai pelarut endapan kalsium anorganik dalam tubuh, dan membantu mencegah gangguan peredaran darah seperti hipertensi, varises vena, penyakit jantung dan diabetes.

11.Mengatasi stres dan otot tegang

Tingkat magnesium ditemukan dalam jus buah bit dapat membantu untuk mengurangi kecemasan, stres, dan ketegangan otot.

12.Memelihara kesehatan badan

Jus bit juga dapat membantu dengan penyakit seperti mual dan muntah, sembelit diare, bahkan sampai gangguan penyakit jantung. Konsumsi secara teratur mampu merangsang pertumbuhan rambut  dan kulit yang sehat.

 

Beberapa nutrisi terbesar dari buah bit tepat di bawah kulit luar buah bit itu sendiri, oleh karena itu hati-hati saat mengupas, usahakan tidak terlalu tebal  mengelupas kulit buah bit.  Selalu mencoba untuk mengkonsumsi jus bit pada suhu kamar, karena lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda.[e_SdS]

 

Keywords:

  • buah bit
  • buah beet
  • buah beat
  • manfaat buah bit untuk bayi
  • gambar buah bit
  • buah bit untuk bayi
  • buah bet
  • gambar buah beat