mentimun

mentimun

[Sharing di Sana] — Mentimun / Ketimun (Cucumis sativus) adalah buah asli dari India, merupakan tanaman yang merambat, berbuah dan dimakan pada saat masak. Buah ini dapat dikategorikan sebagai buah-buahan ataupun sebagai sayuran. Buah ini banyak sering digunakan dalam rujak buah, salad, lalapan, jus, maupun dimakan begitu saja sebagai buah yang segar. Mentimun mempunyai banyak manfaat gizi. Berikut Manfaat Gizi Mentimun.

1. Nutrisi

Mentimun mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, asam folat, vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan seng.

2. Membantu menurunkan berat badan

Karena buah ini rendah kalori dan kaya akan kandungan air, mentimun merupakan makanan ideal untuk orang-orang yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

3. Mencegah Dehidrasi

Mentimun sangat kaya akan kandungan air, yakni  95% dari bagian daging buahnya mengandung air, namun dengan nutrisi gizi yang menyegarkan dan mengembalikan elektrolit tubuh.

4. Diuretik

Sebagai obat diuretik alami, mentimun mamapu mendorong keluar produk limbah dari tubuh melalui buang air kecil. Konsumsi harian mentimun membantu untuk melarutkan kotoran dalam kandung kemih atau batu ginjal.

5. Energi

Mereka adalah sumber yang baik dari vitamin B dan karbohidrat yang dapat memberikan energi yang cepat bila diperlukan

6. Perawatan kulit

Kandungan air yang tinggi, antioksidan, dan mineral seperti magnesium, kalium silika membuat mentimun merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, mengurangi lingkaran hitam dan bengkak di area mata. Kulit mentimun juga dapat merawat kulit yang disebabkan oleh sengatan matahari atau keadaan kulit yg kasar karena terkena polusi udara.

7. Melawan kanker

Mentimun diketahui mengandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol yang terkait dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker.

8. Kontrol tekanan darah

Jus Ketimun mengandung banyak kalium, magnesium, serat, dan fitonutrien yang bekerja secara efektif untuk mengatur tekanan darah.

9. Mengurangi selulit

Coba gosokkan sepotong mentimun sepanjang kulit Anda yang sedang bermasalah selama berapa menit, phytochemical dalam mentimun menyebabkan kolagen di  dalam kulit Anda mengencang, mengencangkan sampai lapisan luar dan langsung mengurangi visibilitas selulit. Sehingga membantu mengatasi kulit keriput juga.

10. Merangsang pertumbuhan rambut

Mentimun mengandung silikon dan belerang, jika dikonsumsi dengan rutin mentimun dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Untuk hasil terbaik, campurkan jus mentimun dengan jus wortel, selada atau bayam.

11. Mengendalikan nafsu makan

Mentimun bersifat mengisi/mengenyangkan, namun rendah kalori. Dalam sejarahnya, mentimun pernah digunakan selama berabad-abad oleh pedangang dan penjelajah Eropa sebagai  makanan cepat saji yang praktis namun bergizi serta mencegah kelaparan.

12. Gigi dan kesehatan gusi

mentimun merupakan sumber serat yang baik. Mengonsumsi/mengunyah buah mentimun dengan rutin mampu menjaga kesehatan gigi dan gusi.

13. Aromaterapi alami / relax

Potong tipis-tipis sebuah mentimun lalu tempatkan dalam baskom yang berisi air mendidih. Bahan kimia dan nutrisi dari mentimun akan bereaksi dengan air mendidih yang menghasilkan uap dan menciptakan aroma menenangkan, membuat perasaan relax.

14. Penghilang bau mumut (Halitosis control)

Ambil seiris mentimun dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah Anda selama 30 detik untuk menghilangkan bau mulut. Fitokimia yang terkandung dalam mentimun akan membunuh bakteri di mulut Anda yang  menyebabkan bau mulut.

15. Memperlancar metabolisme

kandungan air dan serat yang tinggi dalam mentimun sangat efektif dalam mengusir racun dari sistem pencernaan. Konsumsi harian mentimun bermanfaat  sebagai obat untuk sembelit kronis.

16. Meningkatkan kesehatan sendi/jaringan ikat

Mentimun merupakan sumber silika yang baik, yang dikenal untuk membantu meningkatkan kesehatan sendi dengan memperkuat jaringan ikat.

17. Mengobati cacing pita

Biji mentimun digunakan sebagai obat alami untuk mengobati cacing pita. Biji mentimun yang dimemarkan lalu dicampur dengan air juga efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.

18. Perawatan kuku

kandungan silika pada mentimun juga membantu mencegah pemecahan/kerapuhan kuku, sehingga merawat kuku tangan dan kaki Anda.

19. Meringankan encok dan nyeri artritis

Mentimun kaya vitamin A, B1, B6, C & D, Folat, Kalsium, Magnesium, dan Kalium. Ketika dicampur dengan jus wortel, mereka bisa meredakan encok dan nyeri artritis dengan cara menurunkan kadar asam urat.

20. Membantu mengatasi diabetes

Mentimun mengandung zat yang dibutuhkan oleh sel-sel pankreas untuk memproduksi insulin.

21. Mengurangi kolesterol

Para peneliti telah menemukan bahwa sterol dalam mentimun membantu mengurangi kadar kolesterol.

 

[e_SdS]

Keywords:

  • bolehkah ibu hamil makan timun
  • timun untuk ibu hamil
  • ################################
  • mentimun
  • bolehkah bayi makan timun
  • bahayakah bayi umur 8 bulan di kasih mentimun
  • bahayakah sering makan timun selama nifas
  • boleh bayi makan mentimun
  • boleh kah anak umur satu tahun makan mentimun
  • bolehkah bayi umur 8 bulan makan mentimun