Papercraft adalah seni memotong, melipat, dan dengan bantuan kertas lem untuk membuat model 3D yang rumit dari bentuk apapun mulai dari mobil ke kapal, dari orang-orang dan hewan, dan dari karakter video game. Ketika Anda melihat beberapa orang membuat model, sulit untuk percaya bahwa mereka hanya terbuat dari kertas yang dipotong, dilipat dan ditempel. Hobi ini murah, sangat menyenangkan, dan mudah bagi siapa saja untuk masuk ke dalam. Jika Anda ingin menikmati kegiatan ini dengan ketrampilan tangan Anda dan ingin melihat sesuatu yang beda,  maka papercraft mungkin bisa Anda coba. Untuk itu Sharing Di Sana akan berbagi mengenai alat dasar dan bahan apa saja yang digunakan untuk mulai membuat papercraft dalam waktu singkat.

1. Gunting & Peralatan Menggunting

Sepasang gunting tajam adalah salah satu alat yang paling penting bagi Anda dalam memulai. Gunting tumpul dapat membuat robekan kertas tak sempurna, membuat luka yang tidak rata, dan dapat meyulitkan Anda untuk mengontrol kapan pemotongan. Dengan memiliki gunting yang berbeda – beda untuk pemotongan kertas yang berbeda-beda juga dapat membantu Anda. Semisal gunakan satu pasang untuk memotong kertas tipis, satu pasang untuk hacking dan memotong kertas yang tebal. Dan satu pasang lagi gunting untuk memotong model papercraft yang kecil-kecil. Untuk memotong bentuk kecil semisal bentuk kerucut halus, Anda dapat mencoba sepasang gunting kuku yang baik. Mereka dengan cepat dapat memotong irisan pusat kecil. Pisau biasanya memiliki kurva sedikit untuk mereka yang tidak terlalu terlihat.
2. Pisau / Cutter

Sebuah alat yang disukai untuk memotong rincian kecil dan memotong lubang. Pisau yang baik, pisau yang diganti, dan berbagai ukuran & bentuk yang tersedia. Pisau ini sangat berbahaya, satu slip salah, dan mereka dapat memotong Anda dengan cepat dan mendalam.

3. Perekat / Lem

Lem putih biasanya baik, kuat dan permanen. Beberapa orang  suka menggunakan double tape, dan beberapa ingin menggunakan lem. Hermafix memungkinkan Anda untuk memposisikan potongan tanpa merobek kertas.
4. Kertas

Penggunaan kertas biasanya menyesuaikan kebutuhan. Kebanyakan ingin menggunakan kertas kaku. Beberapa memilih kertas printer biasa.

5. Papercraft Model

Nah, ini dia yang terpenting. Model dari papercraft itu sendiri. Anda dapat merancangnya sendiri atau mencari bentuk-bentuk model lainnya yang terdapat di internet.

Itulah alat dasar dan bahan dasar dalam membuat papercraft, selamat mencoba.

 

By Nadya

Keywords:

  • cara membuat papercraft wajah sendiri
  • cara membuat papercraft muka sendiri
  • paper craft orang