perempuan mengendarai motor

perempuan mengendarai motor

Saat ini mengendarai sepeda motor dianggap lebih praktis dan cepat untuk sampai ke tempat tujuan, dibanding dengan menggunakan mobil. Tidak terkecuali kaum pria dan wanita yang mengendarainya. Namun, jaman semakin gila. Kejahatan dapat terjadi dimana-mana termasuk saat mengendarai di jalan raya. Tidak hanya itu, kecelakaan juga sewaktu-waktu dapat terjadi jika kita tidak waspada dan berhati-hati dalam berkendara. Berikut ini Tips bagi  kaum wanita agar aman berkendara roda dua.

1. Berdoa sebelum berkendara

Sebelum anda mulai berkendara di jalan raya, sebaiknya berdoa memohon kepada Tuhan agar selalu diberi kelancaran dan dilindungi dari segala kejadian buruk di jalan raya.

2. Mengenakan celana panjang

Saat anda mengendarai sepeda motor, sebaiknya tidak memakai rok, karena hal itu akan menyulitkan terutama pada saat situasi jalan yang padat yang mengharuskan Anda bolak balik mengerem dan menginjakkan kaki di jalan. Lebih baik mengenakan celana panjang. Selain nyaman saat dipakai berkendara roda dua, celana panjang juga akan melindungi kaki.

3. Pakai helm dengan kaca penutup

Pilihlah helm standar yang melindungi seluruh kepala belakang serta dilengkapi dengan kaca depan. Kaca ini berfungsi agar wajah anda lebih nyaman, tidak terpapar angin secara langsung, panas, hujan, meminimalkan polusi dan kotoran yang masuk ke mata (kelilipan). Bila perlu pakai masker penutup hidung dan mulut, agar Anda tidak terkena polusi yang kian parah.

4. Pakai jaket, sarung tangan dan kaos kaki

Jika Anda kaum wanita yang mengendarai sepeda motor, sebaiknya menjaga kenyamanan dan keamanan berkendara dengan memakai jaket. Ini akan melindungi anda dari terpaan angin serta untuk faktor keamanan. Kaos kaki akan menjaga kulit anda dari sengatan panas matahari. Serta tidak lupa membawa jas/mantel hujan untuk persiapan jika turun hujan.

5. Pakai flat shoes

Jika Anda wanita yang sedang mengendarai sepeda motor, sebaiknya tidak mengenakan alas kaki berhak tinggi (high heels). High heels akan menyulitkan ketika berada dalam situasi jalan yang padat. Nah sebaiknya memakai sepatu datar (flat shoes) atau alas kaki yang berhak tebal. Solusi lain dari pengalaman pribadi adalah saat berangkat kerja, saya memakai sandal yang nayaman dan beralas datar, nah setelah sampai di kantor, saya berganti sepatu berhak tinggi yang memang saya tinggal di kantor.

6. Tidak glamour

Ini sangat penting untuk dicatat, agar kaum wanita tidak glamour saat mengendarai motor. Contohnya adalah berpenampilan menggunakan perhiasan berlebihan seperti gelang, kalung atau cincin berlian. Apalagi jika anda berkendara seorang diri. Tentu kita harus was-was jika berpenampilan berlebihan dan terlihat mencolok, akan memicu penjahat motor untuk merampok Anda.

7. Simpan tas bawaan dengan seksama

Saat mengendarai motor seorang diri, sebaiknya letakkan tas dan barang bawaan anda se-aman mungkin. Untuk dompet, uang, surat kendaraan, SIM, KTP, ponsel harus disimpan semaman mungkin tidak di dalam saku celana, namun sebaiknya taruhlah di dalam tas cangklong. Tas cangklong juga sebaiknya tidak menggelantung yang mudah dijangkau orang. Misalnya, anda sembunyikan di dalam baju jaket anda.

8. Simpan nomor penting di ponsel

Jika seorang perempuan mengendarai motor, hal yang paling dikhawatirkan adalah jika ban bocor, atau ada masalah lainnya, seperti rantai, motor macet tidak bisa jalan dan  kerusakan yang lainnya. Nah, sebaiknya catat dan simpan nomor telepon penting, seperti teman/keluarga yang dapat anda percaya dapat membantu, nomor telepon bengkel atau mekanik yang Anda percayai. Nomor telepon tersebut sangat dibutuhkan jika bengkel tidak anda temukan di jalan yang anda lewati dan Anda merasa terburu-buru.

9. Minimalkan menggunakan ponsel

Saat berkendara di jalan raya juga membutuhkan ekstra konsentrasi agar tidak membahayakan Anda mengalami kecelakaan. Jadi sebaiknya, minimalkan menggunakan ponsel sementara. Jika perlu, abaikan telepon yang masuk. Namun, jika anda sedang menunggu kabar penting, boleh saja mengangkat telepon dengan menepi di jalan yang Anda anggap aman. Jika berkomunikasi tidak dapat ditunda dan harus Anda lakukan,  Anda bisa menggunakan hands free untuk membantu Anda tetap berkonsentrasi dengan keadaan jalan.

10. Hindari jalanan yang sangat sepi dan berkendara di malam hari tanpa teman

Seorang perempuan sebaiknya tidak keluar di malam hari seorang diri. Namun apabila hal tersebut harus Anda lakukan, yang perlu anda ingat adalah cari jalan raya yang masih ramai. Tidak melewati jalan-jalan yang sangat sepi. Dan usahakan Anda tidak melaju seorang diri. Maksudnya adalah, coba Anda mendekati pengemudi motor/mobil lainnya, sehingga seolah Anda nampak dalam sebuah rombongan.

11. Pentingnya klakson dan lampu motor

Lampu sepeda motor saat ini wajib dinyalakan baik siang atau malam hari. Nah, periksalah kendaraan Anda, apakah lampunya masih bagus/menyala dengan baik. Begitu juga dengan klakson, pastikan klakson motor Anda masih bersuara nyaring. Klakson dan lampu sangat penting untuk keselamatan di jalan raya. Selain itu, klakson juga dapat menjadi alat/sarana jika Anda merasa dalam bahaya dan butuh perhatian orang di sekitar jalan raya tersebut (meminta bantuan).

12. Perhatikan rambu lalu lintas dan tidak mengebut

Jadilah pengendara motor yang bijaksana dengan mematuhi  peraturan lalu lintas dan tidak mengebut. Tentu ini juga untuk keselamatan diri. 

13. Jangan panik

Jangan panik ketika Anda harus mengalami situasi buruk, seperti kecelakaan. Apabila Anda masih bisa tersadar dan bergerak, menepilah, biarkan motor Anda di jalan karena biasanya orang-orang sekitar akan membantu membawanya ke tepi . Buat perasaan Anda setenang mungkin lalu segera hubungi keluarga atau teman Anda.

Selamat berkendara dengan aman dan nyaman ya.. Semoga lancar dan selalu dalam lindunganNya.

[e_SdS]