hemat air

hemat air

Ada ungkapan “save water,  save life and save the world”. Tentu saja, jika kita menghemat penggunaan air dalam aktifitas keseharian kita, maka secara tidak langsung kita akan menyelamatkan kehidupan di bumi ini. Menghemat penggunaan air adalah salah satu upaya dalam menyelamatkan bumi agar tetap hijau, pelestarian alam atau green earth. Apa saja yang dapat Anda lakukan? Simak tips berikut ini.

1. Mandi dengan shower dan batasi durasinya

Mandi dengan shower atau spray air akan lebih optimal meratakan air yang menyebar ke tubuh anda daripada anda memakai gayung. Untuk menghemat penggunaan air, pilih shower dengan slow spray, serta batasi waktu anda mandi. Tidak mandi berjam-jam tentunya. Kurang lebih 5 menit.

2. Pilih toilet /dudukan WC dengan penyiram otomatis dan batasi penggunaannya

Penyiram air otomatis di WC juga merupakan upaya untuk menghemat air, namun sebaiknya Anda tidak bolak balik mengguyur flush otomatis tersebut. Jika kotoran sudah hilang, tentu saja Anda tidak perlu mengulangnya lagi. Jadi, batasi penggunaanya. Baru-baru ini sudah dikembangkan teknolongi flushing WC yang menggunakan bahan selain air, Yakni menggunakan bahan semacam batu bata. Ini juga salah satu upaya untuk menjaga kelestarian air dengan membatasi penggunaan air.

3. Biasakan kencing di WC

Membiasakan diri untuk kencing di dudukan WC/toilet juga menghemat pembuangan air. Karena anda akan tefokus menyiram pada wc saja, untuk menyiram sisa kotoran/kencing anda, dengan takaran tertentu (flushing otomatis).

5. Pilih detergen/pewangi pakaian ramah lingkungan dengan sistem sekali bilas

Mencuci dengan menggunakan detergen yang berbahan ramah lingkungan, ini sangat berpengaruh dalam pembuangan air limbah cucian. Jika detergen/sabun yang anda gunakan ramah lingkungan, anda tidak perlu khawatir air bekas cucian digunakan untuk menyiram tanaman. Saai ini juga sudah banyak tersedia sabun eco friend yang menerapkan sistem sekali bilas. Tentu ini juga membantu anda tidak perlu memakai air untuk membilas berkali-kali. Anda pun hemat waktu.

6. Air kemasan

Air kemasan/botolan ternyata tidak hanya lebih mahal dari air biasa, tetapi juga memerlukan hampir 3 liter air biasa untuk memproduksi 1 liter air kemasan tersebut.

7. Pilih Mesin Cuci yang tepat

Pakailah mesin cuci front leading. Sistem front loading (pintu didepan) memakai 40-60%, air lebih sedikit daripada mesin cuci top leading (pintu di atas). Selain itu, jangan melakukan bilas awal, dan gunakan mesin hanya ketika cucian anda telah penuh, agar air mencuci dengan efektif, tidak boros air. Cara ini bisa menghemat 7.300 galon air per tahun.

8. Bijaksana bercocok tanam

Bagi anda yang mempunyai taman dan kebun, sebaiknya menyirami taman dan rumput di pagi hari seelum matahari terbit atau malam hari setelah matahari terbenam. Saat tersebut, memberikan waktu lebih banyak air untuk merendam dalam tanpa cepat terjadi penguapan karena terik panas. Anda juga dapat membuat bak penampung air hujan untuk keperluan menyiram tanaman. Menyemprot tanaman dengan metode spray (ini untuk taman rumput yang luas).  Yang perlu dicoba yaitu xariscaping adalah sebuah istilah yang berarti menanam tumbuhan khas yang tidak membutuhkan siraman air. Anda bisa menghemat sampai 75% air dari yang biaa Anda pakai untuk menyiram taman Anda.

9. Matikan kran air saat anda menyabun/menyikat gigi

Saat anda mandi dan menyikat gigi, jangan lupa matikan kran sementara anda sibuk bersabun atau menyikat gigi anda. Mengisi ember atau panci jangan ditinggal-tinggal karena jika kelupaan mematikannya, akan sayang airnya terbuan-buang percuma.

11. Periksa kebocoran kran/pipa di rumah Anda

Kadang kita tidak menyadari bahwa kran belum tetutup dengan rapat. Air masih saja menetes. Atau kran yang sudah aus dibiarkan tanpa peduli untuk menggantinya. Jadi, periksalah kran dirumah anda, apakah sudah tertutup dengan rapat, dan pipa-pia air, apakah ada yang bocor. Jika ya, sebaiknya upayakan untuk mengganti segera.

12. Bijaksana menggunakan air

Contoh sederhana adalah, jika anda ingin membersihkan halaman teras anda/garasi, sebaiknya sapu menggunakan sapu dahulu, lalu upayakan pel dengan benar, atau bisa menggunakan air bekas/sisa sabun menyuci pkaian. Pemborosan sepele yang kadang tidak kita kira adalah, langsung menyemprot halaman / teras rumah/ garasi dengan air bersih melalui selang.

Bijaksana dalam mengatur pemakaian air, tentu akan berimbas kepada kita dan anak cucu kita. Jika kita berhemat menggunakan air, tentu  alam akan senantiasa menyediakan air bersih untuk dapat  kita pakai terus, lestari sampai anak cucu kita. Sebaliknya, jika kita tidak peduli dengan jumlahnya air yang terbuang percuma,  bukan tidak mungkin kita semua akan kekurangan air bersih yang layak untuk kita pakai dan menjadi langka. Mari kita lestarikan air, alam dan bumi tercinta kita mulai saat ini.[e_SdS]

save water

save water