Bagi mereka yang memiliki bayi normal dengan kelahiran normal, terkadang kepala bayi Anda berbentuk tidak semestinya (oval, bulat atau persegi) karena akibat dari proses persalinan normal. Kita semua memiliki kepala yang berbentuk berbeda. Beberapa dari kita memiliki kepala oval, yang lain memiliki kepala bulat dan beberapa orang bahkan memiliki kepala berbentuk persegi. Tapi beberapa bayi memiliki bentuk kepala yang tidak sempurna. Ada beberapa alasan untuk bayi memiliki kepala yang terbentuk buruk, yaitu :

* Akibat proses kelahiran normal dengan vacum (forceps). Dalam jenis proses kelahiran ini diperlukan bila bayi terjebak di saluran vagina. Kepala bayi dipegang dengan tang dan ditarik keluar. Ini memberikan kepala bayi tampilan memanjang. Kepala juga mungkin meruncing tanda pada titik-titik di mana forsep digunakan.

* Tekanan Dalam Jalur Lahir. Jika bayi mendapat sedikit tekanan di jalan lahir akibat sang ibu mengejannya terputus (tidak kuat) maka kepala bisa  berbentuk pipih. Hal ini biasanya terjadi ketika Anda memiliki persalinan yang lama dan sulit.

Bayi Anda selembut bola kapas. Setiap jenis penanganan yang kasar dapat mengubah bentuk kepala bayi Anda. Jadi jika bayi Anda telah mengalami salah satu situasi yang disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan cara pengobatan yang dilakukan di rumah untuk memperbaiki bentuk kepala bayi Anda, berikut Sharing Di Sana berbagi

The Pillow Mustard: Cara tertua untuk memperbaiki bentuk kepala bayi adalah dengan meletakkannya di atas bantal yang terbuat dari biji mustard. Bantal ini begitu lembut bagi bayi tetapi tepat untuk memberikan tekanan yang lembut agar kepala bayi berbentuk bagus.

Mengubah Posisi tidur:
 Jika bayi Anda tidur berada di sisi yang sama sepanjang malam, kepalanya mungkin akan rata di satu sisi. Untuk mencegah hal ini, teruslah mengubah posisi bayi Anda dari satu sisi ke sisi lain bahkan ketika ia sedang tidur. Jadi semisal Anda menyusui bayi Anda dengan posisi tidur, bisa Anda lakukan secara bergantian sisi. Atau ketika bayi Anda tertidur kepalanya selalu menggeleng ke kanan, Anda bisa mengubahnya atau menyangganya dengan guling agar kepalanya tidak menggeleng ke kanan terus.

Jangan Membiasakan Bayi Anda dengan melihat satu arah saja: Bila bentuk kepala tidak merata, bayi Anda akan mencoba untuk melihat satu arah sepanjang masa. Anda harus mengalihkan perhatian anak dengan mainan, suara atau berbicara dengan bayi Anda dan pastikan bahwa bayi Anda terlihat di dalam segala arah.

Ini adalah beberapa cara sederhana untuk memastikan agar kepala bayi Anda memiliki bentuk normal yang bisa Anda lakukan di rumah.

 

Sumber : Berbagai Sumber edit by Nadya

Keywords:

  • agar kepala bayi bulat
  • kepala bayi tidak bulat
  • cara membentuk kepala bayi
  • bentuk kepala bayi yang normal
  • kepala bayi tidak rata
  • bentuk kepala bayi normal
  • bentuk kepala bayi tidak bulat
  • bentuk kepala bayi cerdas
  • cara membuat kepala bayi bulat
  • membentuk kepala bayi