morning sickness

morning sickness

Pada dasarnya, morning sickness yang ditandai dengan mual dan muntah, terjadi akibat hormon kehamilan bekerja dengan baik, biasanya dimulai sekitar minggu ke-6 kehamilan. Hal ini dapat terjadi pada setiap saat sepanjang hari dan bagi sebagian dari kita dapat terus untuk sebagian besar hari juga. Bagi sebagian besar perempuanbiasanya akan berhenti sekitar usia kehamilan 12 minggu.

Kabar baiknya adalah bahwa morning sickness tidak berbahaya bagi Anda atau bayi Anda. Namun, jika Anda mengalami muntah yang berlebihan dan tidak bisa menyimpan/mengonsumsi makanan Anda dengan lancar, Anda mungkin mengalami hiperemesis gravidarum. Hal ini bisa berbahaya bagi Anda dan bayi Anda jika sudah parah dan tidak ditangani. Karena kemungkinan kekurangan nutrisi dan ketidakseimbangan elektrolit. Segera berkonsultasilah dengan dokter kandungan Anda.

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu Anda mengurangi mual akibat morning sickness.

1.  Jahe
Jahe merupakan obat alami untuk mual. Namun perlu diperhatikan agar tidak terlalu kuat minum jahe pekat sehingga membuat perut hamil Anda menjadi panas, Sebaiknya cukup untuk terasa hagat dan menghilangkan rasa mual saja. Gunakan sedikit serbuk jahe instan bersama teh atau susu. Atau anda dapat makan permen rasa jahe.

2. Crackers
Biskuit, crackers beras/gandum sangat membantu Anda jika merasa mual morning sickness. Selain ringan dimakan, makanan ini juga terasa tidak membuat perut menjadi berat memprosesnya. Pilih cracker yang memberi nutrisi tambahan, seperti berisi sayuran. JIka Anda merasa mual, makan cracker dapat anda makan sedikit demi sedikit, namun sering.

 3. Yoghurt krim/beku
Hampir menyerupai es krim, yoghurt krim lembut untuk perut Anda. Plus Anda tidak harus melakukan repot mengunyah yang memicu mual bagi beberapa wanita hamil. Berlaku juga untuk sereal, oatmeal dan puding. Anda dapat memilih yoghurt, oatmeal dan puding yang sehat, misalnya dengan mencampurkan beberapa potongan buah.

4. Lemon
Lemon beraroma sangat segar. Oleh karena itu, jika Anda sedang mengalami morning sickness, cukup mencium aroma jeruk lemon  dapat membantu untuk meredakan mual. Atau anda dapat makan permen rasa lemon.

5. Tamarind (Asam Jawa)

Saat ini sudah banyak dijual di pasaran permen asam jawa (tamarind). Ini juga dikenal sebagai pereda rasa mual ketika dilanda morning sickness. Asam jawa ini juga biasa digunakan dalam bumbu masak sayur asem. Jadi, jika Anda sedang mengalami morning sickness, tidak ada salahnya makan dengan sayur asam, yang rasanya asam manis menyegarkan.

6. Kacang Hijau

Kacang hijau dikenal sebagai makanan yang kaya akan vitamin B kompleks. Nah, ini juga membantu Anda agar tetap bugar dan tidak lemas walau sedang dalam masa kehamilan awal yang berat. Vitamin B kompleks ini juga membantu meredakan rasa mual akibat morning sickness.

7. Pappermint

Mint/pappermint juga akan terasa menyegarkan untuk ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness. Anda dapat mengudapnya dalam bentuk permen mint atau cukup menghirup aroma mint yang segar. [e_SdS]

 

Semoga bermanfaat

 


 

 

Keywords:

  • makanan pereda mual saat hamil muda
  • permen tamarin
  • permen ibu hamil
  • permen untuk ibu hamil
  • permen yang aman untuk ibu hamil
  • merk permen jahe pereda mual
  • hamil boleh ga makan perem asem
  • bumil bolehkah makan permes
  • permen yg boleh dikonsumsi wanita hamil
  • apakah bumil gak boleh makan permen