bayi tertidur pulas

bayi tertidur pulas

Bayi terbangun pada malam hari adalah hal yang paling umum terjadi pada bayi, terutama bayi baru lahir. Tentu hal ini menjadi penyebab orangtua mengalami lelah karena terganggu tidurnya. Hal tersebut sebenarnya wajar terjadi pada usia bayi sebelum satu bulan, karena merupakan proses adaptasinya di dalam kandungan yang aktif di malam hari. Namun, mulailah melatihnya untuk tidur nyenyak sepanjang malam dan banyak terbangun di siang hari. Berikut ini Tips Agar bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam.

1. Mengatur Waktu Tidur Bayi

Atur waktu tidur bayi Anda dengan, batasi tidur di siang-sore harinya. Buat suasana meriah, ajak dia bermain, sehingga pada malam hari, ia tidak terjaga / melek karena sudah terlalu lama tidur sore.

2. Pilih area dengan cahaya cukup terang untuk tidur siang bayi

Hal ini akan membantu mendorong tidur siang lebih pendek, yang pada gilirannya dapat membantu si kecil tidur lebih lama di malam hari.

3. Meningkatkan makan siang hari/ sebelum tidur

Menyusui bayi Anda lebih sering pada siang hari akan memungkinkan dia untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya pada waktu yang lebih nyaman untuk Anda. Dan persiapkan untuk menyusuinya sebelum tidur malam, agar dia merasa kenyang di malam hari.

4. Jika menyusui, biarkan bayi Anda untuk menyelesaikan salah satu payudara yang ditawarkan

Jika Anda memberikan asi secara menyusui langsung, coba berikan salah satu payudara sampai ia merasa kenyang dan berhenti menyusu. Ini juga bermanfaat untuk si Ibu lebih siap menyusui payudara sebelah lainnya di malam hari jika bayi terbangun karena lapar.

5.  Jaga suasana tenang di malam hari

Jika sudah mulai malam, sebaiknya jaga suasana tenang dan hening. Hal ini melatih bayi agar suasana tenang adalah saat yang paling baik untuk tidur, danmenghindari bayi terbangun akrena kaget suara yang keras/berisik.

6. Atur cahaya lampu di malam hari

Atur cahaya lampu yang redup / lampu tidur, untuk kamar bayi di malam hari. Ini juga melatih si bayi agar suasana yang redup/gelap adalah waktu untuk tidur.

7. Memberi Susu di malam hari tetap dengan cahaya yang gelap

Jika bayi terbangun di malam hari karena ia lapar, berikan susu / menyusuilah dengan lampu yang redup / lampu tidur. Sehingga tidak lama ia selesai menyusu, langsung ia dapat tertidur nyenyak.

8. Hindari penggantian popok malam hari

Sebisa mungkin, hindari penggantian popok di malam hari. Karena mungkin saja akan membangunkan tidurnya. Pilih popok / diaper yang nyaman dan berdaya serap tinggi,  yang dapat dipakai sebelum tidur sampai pagi hari.

9. Bersih

Sebelum tidur malam, pastikan baju bayi yang dikenakan bersih, tidak ada semut, tidak basah karena keringat atau air, serta peralatan tidur bayi seperti selimut, sprei bayi juga harus bersih, selain badan si bayi sendiri yang sudah mandi/tidak berkeringat. Jika si bayi berkeringat, lekas ganti baju atau beri bedak bayi agar dia merasa nyaman.

10. Nyaman

Suasana nyaman adalah termasuk baju/tempat tidur yang berbahan nyaman dan lembut untuk bayi dan anak-anak, atur suhu kamar agar hangat namun tidak gerah/panas. Jika perlu pakai pendingin ruangan. JIka memakai kipas angin, jangan arahkan langsung kepada si bayi, namun lebih bersifat agar udara di ruangan berputar / sejuk. Bayi baru lahir pada umumnya sangat nyaman jika tidur dengan di bedong, atau sekadar di beri selimut yang tebal namun lembut. Hal ini karena bayi baru lahir masih sering merasa kaget jika mendengar suara yang baginya masih asing.[e_SdS]

Semoga bermanfaat

 

 

 

Keywords:

  • makanan ibu menyusui agar bayi cerdas
  • cara merawat bayi baru lahir agar cepat gemuk
  • doa agar bayi tidur nyenyak di malam hari
  • doa agar anak tidak rewel dan cepat tidur
  • doa agar anak tidur nyenyak
  • doa agar bayi tidur nyenyak
  • doa agar bayi tidur nyenyak dan tidak rewel
  • makanan ibu menyusui agar bayi gemuk
  • makanan untuk ibu menyusui supaya bayi cerdas
  • susu ibu menyusui yang tidak bikin gemuk