Keamanan internet sangat penting karena di luar sana para hacker dapat mencuri identitas Anda atau menggunakan komputer Anda untuk melakukan kejahatan yang tidak Anda sadari. Namun demikian, Anda dapat meminimalkan resiko keamanan di internet dengan tip berikut.

Tip 1: Firewall

Semua versi terbaru dari komputer Windows telah terpasangi firewall yang akan membantu mem-blok hacker dan virus yang mencoba masuk ke komputer Anda dari internet. Sebuah firewall hampir tidak menghabiskan sumber daya komputer sehingga cukup aman untuk dijalankan.

Tip 2: Gunakan Anti Virus

Menjalankan program anti virus pada komputer Anda adalah seperti meminum vitamin untuk kesehatan tubuh Anda. Program anti virus menjamin bahwa komputer Anda terlindungi dari serangan virus dan malware yang masuk dari internet yang akan menghabiskan produktivitas Anda.

Program anti virus pada komputer akan berjalan di latar belakang mengawasi setiap file yang Anda jalankan maupun didownload dari internet.  Jika menemukan file yang mencurigakan, Anda akan mendapatkan peringatan (alert) dari program anti virus.

Tips 3: Jangan Download

Ada banyak file dan program yang tersebar di Internet, tetapi Anda harus sangat berhati-hati dalam memilih mana yang akan Anda download. Banyak file dan program mengandung virus atau eksploit yang dapat mengambil alih komputer Anda.

Program anti virus jelas akan melindungi Anda dari serangan virus namun lebih baik Anda menghindari download program-program di internet yang tidak diketahui asalnya, seperti serial key, program bajakan, film bajakan. Seperti layaknya kita di rumah sakit jika asal mencium pasien, kita pasti tertular ikut sakit juga.

Selalu pastikan Anda mendownload program dari situs yang dikenal, seperti Microsoft, Symantec, Skype, dll.

Tip 4: Tipe URL

Jangan asal klik link yang menuju ke situs keuangan Anda seperti bank online Anda atau account PayPal. Kadang kita sering menerima email spam yang mengandung link menuju situs palsu yang dimodifikasi supaya terlihat situs asli.

Bila Anda memasukkan kata sandi Anda pada situs palsu, hacker akan menggunakannya untuk mengakses akun Anda di situs yang sebenarnya sehingga hacker bisa mencuri uang atau dapat mengakses data pribadi Anda termasuk data kartu kredit.